Reformasi 1998 perkembangan dunia Industri media komunikasi Indonesia kini semakin marak, banyak dan berkembang secara pesat, cepat. Peran media industri mulai bermunculan, bermanfaat, dan masyarakat bisa menjadi citizen journalism terbukti dengan munculnya Media Daring/ media online (new media) yang semakin banyak bermunculan. Cara penyajian dan menyampaikan informasi beritanya sangat cepat, selalu terbaru, mudah, ringkas dan mudah dibaca setiap saat.
Tahun 2019 segera hadir, padahal tahun 2019 masih lama sekitar kurang lebih 6 bulanan namun Tahun 2019 adalah Tahun Politik dalam pemilihan Piplres 2019 dan Pemilihan Legislatif pada Tahun 2019. Para calon kandidat pemimpin sudah mulai berambisi, mulai tampil kehadapan publik melalui media dan media online/ media baru (new media). Calon pemimpin ada saling memanas-panasi, berambisi dan meluap luap komunikasi politiknya sehingga dalam pemberitaannya dan penyampaian informasinya saling memanasi ibarat sebuah cered yang diisi air lalu diletakkan diatas kompr sehingga airnya mendidih meluap luap komunikasinya.
Sinilah kompor dalam komunikasi politik terjadi era media online yang dimana saling menanggapi, berambisi para calon kandidat pemimpin yang bisa diketahui oleh publik dengan cepat, up to date dalam isi beritanya mengenai Pilpres 2019. Inilah dinamika komunikasi politik menjelang Pilpres 2019 di Indonesia.
Penulis
Cahyo Prabowo