Mohon tunggu...
muhammad nurul
muhammad nurul Mohon Tunggu... Guru - Penulis Baru

Instruktur di Balai Latihan Kerja Pasaman Barat - Senang bermain dengan kata, semoga apa yang diketik bisa membawa manfaat untuk sesama. Insya Allah.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Sate Nusantara: Percik Rasa yang Tetap Membara di Hari Rakyat

22 Mei 2024   06:00 Diperbarui: 22 Mei 2024   06:35 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri diolah via canva

Sate Nusantara: Percik Rasa yang Tetap Membara di Hati Rakyat

Ah, sate! Ibarat permadani kuliner Indonesia, sate terhampar dengan warna-warni cita rasa dari Sabang sampai Merauke. Nah, sebagai penulis pro, pasti kamu penasaran jenis sate apa yang paling laku tahun ini, kan?

Jujur, menentukan juara sate terenak itu susah. Setiap daerah punya jagoannya sendiri, dengan kekhasan bumbu dan racikan yang bikin nagih. Tapi, kalau bicara soal popularitas, ada dua nama yang sering wara-wiri di pinggir jalan hingga bintang iklan: Sate Madura dan Sate Padang.

Sate Madura, sang juara bertahan, tetap tak terkalahkan. Daging ayam yang empuk berpadu dengan bumbu kacang yang gurih manis, cocok banget dinikmati dengan nasi hangat atau lontong. Sederhana tapi selalu mengundang selera.

Sate Padang nggak mau kalah. Jagoannya adalah potongan jeroan sapi atau kambing yang dibumbui rempah Padang yang kaya aroma. Kuah kuning kentalnya yang gurih pedas membuat sensasi makan sate jadi lebih berpetualang.

Selain dua jawara itu, sate lainnya juga nggak bisa dipandang sebelah mata. Sate Lilit dari Bali, dengan daging cincang yang dibalut batang serai, menawarkan sensasi wangi yang unik. Sate Maranggi dari Jawa Barat, dengan potongan daging sapi yang besar dan berbumbu kecap, cocok buat kamu yang suka rasa gurih yang bold.

Yang menarik, tren sate kekinian juga mulai bermunculan. Sate Taichan dengan bumbu jeruk yang segar, atau Sate Taichan Mozarella yang kekinian, menunjukkan kreativitas para penjual sate untuk menarik minat pembeli.

Jadi, jenis sate yang paling laku tahun ini? Mungkin bukan cuma satu jawaban. Kenikmatan sate ada di keragamannya. Setiap tusuk sate bercerita tentang kekayaan kuliner Nusantara, tentang warisan cita rasa yang terus dijaga para penjual sate di seluruh Indonesia.

Lagipula, bukankah perjalanan mencari sate terenak itu sendiri sudah menjadi kenikmatan tersendiri?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun