Mohon tunggu...
Medi Juniansyah
Medi Juniansyah Mohon Tunggu... Penulis - Menggores Makna, Merangkai Inspirasi

Master of Islamic Religious Education - Writer - Educator - Organizer

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Artikel Utama

Mengapa Sate Nusantara Layak Mendunia?

13 Juni 2024   09:48 Diperbarui: 15 Juni 2024   00:01 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sate, sebuah hidangan yang terdiri dari potongan daging yang ditusuk dan dipanggang, telah menjadi salah satu ikon kuliner Indonesia yang paling dikenal.

Di balik popularitasnya di dalam negeri, sate menyimpan warisan yang kaya akan sejarah, budaya, dan variasi rasa yang mencerminkan keragaman Nusantara.

Dari Sabang sampai Merauke, sate hadir dalam berbagai bentuk dan cita rasa, mencerminkan identitas dan tradisi lokal yang unik.

Keberagaman ini tidak hanya menunjukkan kekayaan kuliner Indonesia, tetapi juga potensi besar yang dimiliki Sate Nusantara untuk dikenal dan dinikmati oleh masyarakat global.

Di dunia yang semakin mengedepankan keberagaman dan pengalaman kuliner lintas budaya, Sate Nusantara memiliki semua elemen untuk menjadi bintang di panggung internasional.

Hidangan ini tidak hanya menawarkan cita rasa yang lezat dan kompleks, tetapi juga menyajikan sepotong sejarah dan budaya Indonesia di setiap tusukannya.

Melalui berbagai jenis sate, mulai dari Sate Madura dengan bumbu kacangnya yang khas, hingga Sate Lilit Bali yang unik dengan penggunaan batang serai sebagai tusukannya, setiap varian sate mengajak penikmatnya untuk melakukan perjalanan rasa yang berbeda.

Lebih dari sekadar makanan, sate adalah simbol dari semangat gotong royong dan kebersamaan masyarakat Indonesia. Di banyak daerah, proses pembuatan sate sering kali melibatkan seluruh keluarga atau komunitas, dari persiapan bahan hingga memasak bersama.

Tradisi ini menciptakan ikatan sosial yang kuat dan menunjukkan pentingnya kuliner sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dan ritual adat.

Oleh karena itu, mempromosikan Sate Nusantara di kancah global bukan hanya tentang memperkenalkan makanan yang lezat, tetapi juga tentang menyebarkan nilai-nilai kebersamaan dan keberagaman yang terkandung di dalamnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun