Mohon tunggu...
muhammad nurul
muhammad nurul Mohon Tunggu... Guru - Penulis Baru

Instruktur di Balai Latihan Kerja Pasaman Barat - Senang bermain dengan kata, semoga apa yang diketik bisa membawa manfaat untuk sesama. Insya Allah.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Berinvestasi: Menjinakkan Monster Ketidakpastian Masa Depan

24 April 2024   06:00 Diperbarui: 24 April 2024   06:17 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri diolah via canva

Berinvestasi: Menjinakkan Monster Ketidakpastian Masa Depan

Di tengah gempuran tuntutan hidup, rasa aman dan nyaman akan masa depan bagaikan oasis di tengah padang pasir. Investasi, bagaikan kompas ajaib, menuntun kita menuju oase tersebut. Tapi, bagaikan monster buas, investasi pun penuh risiko jika tidak dijinakkan dengan benar.

Pertama, pahamilah bahwa investasi adalah petualangan, bukan perjudian. Jangan tergoda iming-iming keuntungan besar dalam waktu singkat. Ingat, investasi yang menjanjikan hasil fantastis bagaikan fatamorgana, ilusi yang menjerumuskan ke jurang kekecewaan.

Sebelum memulai petualangan, temukan tujuanmu. Apakah ingin pensiun dini, membeli rumah impian, atau mengamankan pendidikan anak? Setiap tujuan memiliki strategi investasi yang berbeda.

Kedua, pelajari berbagai jenis investasi. Saham, obligasi, reksadana, properti, dan emas, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pahamilah karakteristiknya, dan pilihlah yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuanganmu.

Ketiga, mulailah dari yang kecil. Tak perlu langsung menggelontorkan seluruh tabungan. Investasikanlah secara bertahap, sesuai kemampuanmu. Ingat, konsistensi adalah kunci utama dalam berinvestasi.

Keempat, disiplinlah. Investasi bukan hobi musiman, tapi komitmen jangka panjang. Tetaplah disiplin menabung dan berinvestasi, meskipun godaan konsumtif menyapa. Ingatlah, masa depanmu jauh lebih berharga daripada kesenangan sesaat.

Kelima, jangan takut belajar. Dunia investasi selalu berkembang. Luangkan waktu untuk mempelajari strategi baru, menganalisis tren pasar, dan memperluas pengetahuanmu.

Keenam, jangan mudah panik. Fluktuasi harga dalam investasi adalah hal yang wajar. Jangan panik dan tergoda untuk menjual aset saat harga turun. Justru, manfaatkan momen ini untuk membeli dengan harga yang lebih murah.

Ketujuh, konsultasi dengan profesional. Jika kamu merasa ragu atau bingung, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan atau penasihat investasi terpercaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun