Mohon tunggu...
muhammad nurul
muhammad nurul Mohon Tunggu... Guru - Penulis Baru

Instruktur di Balai Latihan Kerja Pasaman Barat - Senang bermain dengan kata, semoga apa yang diketik bisa membawa manfaat untuk sesama. Insya Allah.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Jadikan Sabar Sebagai Penolong!

3 November 2023   06:00 Diperbarui: 3 November 2023   06:18 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pertikaian di jalan bahkan di angkutan umum sering kali kita temui atau bahkan kita sendiri yang mengalami. Bahkan tak jarang pertikaian tersebut harus berujung pada kurungan salah satu pihak.

Terkadang pertikaian ini dipucu dari hal-hal kecil yang jika kita timbang-timbang tidak sepatutnya kita marah meluapkan emosi sampai sebegitunya. Contohnya saja perihal mendahului dengan memenekan klakson kendaraan. Yang didahului marah karena terdengar menggangu ditelinganya suara klakson tersebut. Bahkan sampai mengacungkan senjata yang dimilikinya kepada orang yang mendahului tersebut.

Padahal Allah memberikan ganjaran kepada orang yang mampu menahan amarahnya walau dia benar dengan pahala yang hanya Allah sendiri tau besar pahalanya. Bahkan setidaknya ada 90 ayat dalam al'quran yang menyebutkan kata ini. Ini membuktikan betapa tingginya dan mulianya amalan sabar ini.

"Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar," (QS. Al-Baqarah: 153). 

Salah satunya adalah ayat diatas. Allah memerintahkan kita menjadikan sabar sebagai alat penolong kita dari berbagai macam masalah yang kita hadapi dalam kehidupan kita salah satunya dalam menghadapi ganguan di jalan dan transportasi umum. 

Selain memang sabar adalah ibadah yang mulia, sabar juga membawa manfaat bagi kita antara lain disukai oleh Allah SWT, diberipetunjuk bahkan ditinggikan derajat kita karena amalan ini.

Sabar memang tidak semudah teorinya, akan terasa berat dan sulit melaksanakannya. Tapi bukankah semua orang mendapat ujian dan bersabar? bahkan manusia sempurna dan kekasih Allah Nabi kita juga di uji, bahkan lebih berat dari kita. Tapi nabi kita selalu bersabar menerimanya. Setidaknya kita harus bisa mencontoh panutan kita sebisa mungkin. Mari berjuang bersama.

Penulis: Muhammad Nurul - Pasaman Barat, 3 November 2023

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun