Mohon tunggu...
Ilham Majehuri
Ilham Majehuri Mohon Tunggu... lainnya -

Aku Ingin menulis lebih baik.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

WORLD HEART DAY

30 September 2014   21:32 Diperbarui: 31 Agustus 2015   23:55 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
14120582391800626320

 

 Masih dalam suasana Hari Jantung Sedunia alias World Heart Day, kami menghimpun berbagai pertanyaan yang menarik dari Sobat sekalian untuk ditanyakan kepada dokter ahli jantung, dr. Wishnu Aditya Widodo, SpJP. Adapun jawaban atas pertanyaan yang Sobat ajukan bisa disimak di bawah ini. Kami mohon maaf bila ada banyak pertanyaan yang tak langsung satu per satu dijawab. Pertanyaan yang kami anggap sekiranya mirip, telah kami wakilkan dalam salah satu pertanyaan yang sudah ada. Terima kasih atas ratusan pertanyaan yang masuk ke dalam redaksi kami. Semangat yang luar biasa dari Sobat TanyaDok sekalian dalam melangkah menuju jantung sehat. Salam,

 

 

TanyaDok.com dr. Wishnu Aditya Widodo, SpJP dr. Wishnu Aditya Widodo, SpJP Apakah Gejala Penyakit Jantung?

 

Dear dokter, saudara saya sering mengeluh dada sakit tiba-tiba, sesak, muka kesemutan tanpa sebab. Kira-kira karena apa dok? Umurnya 26 tahun. Terima kasih. (Ibu EU) Dada sakit bisa disebabkan oleh organ apapun yang ada dada di daerah rongga. Diantaranya terdapat kulit, otot, tulang, syaraf, paru-paru, jantung, dan esofagus. Gangguan di organ yang manapun dapat menimbulkan rasa nyeri. Gejala yang dialami saudara ibu tidak terlalu spesifik bila mencakup semua penyakit diatas. Mengingat usianya semoga bukan merupakan sesuatu yang serius bila sebelumnya tidak ada masalah dengan aktivitasnya. Baiknya dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan anamnesa mendalam terlebih dahulu.

 

Dokter, aku berumur 24 tahun. Seminggu lalu saya merasakan pusing, lemas, sesak, berkeringat dingin, dada terasa sakit dan jantung berdebar kencang. Dan ini sudah ketiga kalinya saya merasakan hal ni. Apa benar ini gejala penyakit jantung? Memang tiap kali capek, saya suka merasakan gejala ini. Terima kasih (Nn VH) Gejala jantung berdebar kencang sebaiknya diperjelas lagi – apakah bunyi nya terdengar kencang atau iramanya teraba cepat? Jika teraba cepat (>100x/mt) atau yang disebut takikardia dapat merupakan suatu tanda kelainan irama. Keluhan berkeringat dingin tidak spesifik untuk suatu penyakit jantung. Ada baiknya diperjelas kembali keluhannya dan dilakukan pemeriksaan fisik dan EKG terlebih dahulu.

 

 

 

Dok, kalau sering merasa sesak nafas karena berat badan berlebih itu dikarenakan oleh apa ya? (Ibu AF) Pada orang dengan berat badan berlebih gejala sesak nafas lebih banyak ditemukan, ini terjadi karena otot diafragma cenderung tertekan ke atas (paru-paru) akibat volume abdomen (perut -ed) yang besar. Obesitas juga memaksa tubuh mengeluarkan tenaga yang lebih besar untuk beraktivitas

 

Dokter, saya mau tanya, kenapa ya jantung saya tiba-tiba suka berdetak kencang, tapi sekitar 5 detikan saja. Tapi detakannya kencang tiba-toba begitu. Kadang saya ajdi kaget kalau lagi begitu. Kenapa ya dok? (Ibu UL) Kemungkinan ibu mengalami suatu kelainan irama jantung sesaat (disrythmia / arrythmia) – yang hilang sendiri. Baiknya ibu menjalani pemeriksaan EKG, dan jika tidak terdeteksi kemungkinan butuh pemantauan monitor EKG 24 jam dengan holter.

 

 

 

Saya sering merasakan tiba-tiba dada sebelah kiri sakit seperti ditusuk-tusuk. Agak sesak napas dan tenggorokkan seperti tercekat. Tapi hanya berlangsung beberapa menit. Agak mereda setelah minum air putih yang banyak. Apakah ini gejala penyakit jantung? (Ibu NI) Sakit dada yang disebabkan masalah pada jantung biasanya memiliki karakteristik daerah yang terkena cenderung luas (sulit dilokalisir) dan seperti ditekan, bukan ditusuk-tusuk. Selain itu nyeri yang dialami sering kali menjalar hingga bahu atau leher, dan tidak berubah jika kita tekan atau pijat. Dari cerita ibu, kita masih harus melengkapi informasi lagi mengenai nyeri dada yang dirasakan. Alangkah baiknya bila dilakukan juga pemeriksaan EKG untuk melihat tanda-tanda penyakit koroner.

 

 Dokter, saya merasakan dada kiri saya nyeri hingga bagian belakang. Kalau bernafas sulit sekali kadang sampai-sampai ke muka. Saya terasa seperti kram. Dulu saya pernah batuk darah pengobatan hanya 2 bulan karena masalah biaya jadi tidak tuntas. Sebulan lalu saya cek roentgen dan cek ke dokter, katanya Tuberkulosis lama, sudah dikasih obat da tidak ada perubahan secara signifikan. Sampai saat ini penyakit saya masih sama sehingga jantung saya terasa berdebar-debar. Itu penyakit apa ya dok? (Nn KR) Harus diperiksa terlebih dahulu dan dipastikan, apakah gejalanya merupakan bagian dari sakit tuberkulosisnya atau merupakan gejala terpisah. Untuk memastikannya harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

 

Dok, saya kok akhir-akhir ini berasa jantung saya denyutnya agak lamban? Pernah juga berdebar-debar. Sering sekali , sehari bisa 4 sampai 5 kali. Lalu saya tarik nafas dalam-dalam, kira-kira kenapa ya? Saat inipun jantung saya berdebarnya sangat terasa. (Ibu ID) Apakah ada obat yang ibu konsumsi? Detak yang lebih lambat dapat terjadi bila minum obat golongan beta blocker. Pada keluhan detak jantung yang terasa tidak teratur / berubah baiknya dilakukan pemeriksaan EKG terlebih dahulu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun