Mohon tunggu...
Tika Samosir
Tika Samosir Mohon Tunggu... Konsultan - Menulis Dari Hati

Supel, Ramah, Sopan, Pemurah...

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Nyok Melestarikan Batik Betawi Terogong

19 Desember 2019   04:53 Diperbarui: 19 Desember 2019   04:50 88 0 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Nyok Melestarikan Batik Betawi Terogong

Batik Betawi Terogong - Indonesia sangat kaya dengan seni budaya yang beragam. Batik termasuk karya seni budaya anak bangsa yang sudah terkenal di seluruh penjuru dunia.  Batik merupakan kain yang dilukis dengan cairan lilin menggunakan alat bernama canting. Sehingga di atas kain tersebut terdapat lukisan bernilai seni tinggi.

Sebagai warga negara Indonesia, saya sangat bangga dengan Batik. Bisa dikatakan saya pengkoleksi batik mulai dari atasan, dress, celana bahkan outher. Kenapa saya bangga? UNESCO menyebut batik sebagai Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity. 

Dimana batik merupakan peninggalan warisan budaya yang memiliki filosofi tersendiri yang menceritakan ciri khas daerah asalnya. Bisa dikatakan batik tidak sekedar kain bermotif namun mempunyai makna mendalam yang berbeda satu sama lain.

Batik Betawi Terogong salah satu batik yang menceritakan ciri khas Betawi atau kota Jakarta umumnya. Dan jujur saya pun baru tahu kalau Betawi punya batik tersendiri. Minggu yang cerah saya pun berkunjung ke Batik Betawi Terogong yang terletak di Jl. Terogong Jakarta Selatan. Dan ternyata Batik Betawi Terogong ini memiliki komunitas tersendiri yang di inisiasi oleh Ibu Siti Laela Founder komunitas Batik Betawi Terogong.

Ki-Ka : Buncha Elisa Korag dan Ibu Siti Laela
Ki-Ka : Buncha Elisa Korag dan Ibu Siti Laela

Ki-Ka : Buncha Elisa Korag dan Ibu Siti Laela
Ki-Ka : Buncha Elisa Korag dan Ibu Siti Laela

Ibu Siti Laela sebagai generasi terakhir yang melihat proses membatik di Terogong. Dengan penuh harapan bahwa Batik Terogong makin dikenal luas diseluruh penjuru tanah air. Beliau memiliki kesibukan sehari-hari seorang guru Bahasa Inggris di SMK. 

Namun kecintaannya terhadap Batik tidak bisa dikesampingkan. Selalu membagikan dan mengajarkan ilmu membatik pada warga sekitar atau setiap pengunjung yang datang menyaksikan keunikan Batik Betawi Terogong.


Batik Betawi Terogong yang identik dengan motif batik ikon-ikon khas Jakarta seperti ondel-ondel, Monumen Nasional, Tugu Pancoran, Bajaj, Bemo, Pengantin hingga Penari Betawi. Motif Batik Betawi ini menciptakan keunikan tersendiri bagi penggiat batik. Dengan proses pembuatan manual atau batik tulis asli, Batik Betawi Terogong dilakukan cara konvensional dari mulai melukis pola, mewarnai kain hingga mencanting kain menggunakan lilin.

Batik Betawi Terogong Mencanting
Batik Betawi Terogong Mencanting

Yuk Melestasikan Batik Betawi Terogong

Sebuah kebanggan tersendiri bagi Ibu Siti melestarikan seni budaya bangsa Indonesia lewat literasi budaya. Dimana beliau menerima dan mengajarkan kursus membatik kepada warga sekitar atau pendatang. Dengan keahliannya, membuat Batik Betawi Terogong dapat dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan sampai mancanegara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan