Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Ex Banker

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Menghubungkan UKM Langsung kepada Lebih dari 100 Juta Pelanggan Nasional

3 Desember 2022   20:57 Diperbarui: 3 Desember 2022   21:29 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kompasianival 2022-dokumen pribadi

UKM Indonesia merupakan penopang perekonomian Indonesia terbesar.

"Masalah utama yang dihadapi oleh UKM saat ini adalah masalah marketing yang tepat" ujar Bapak Leonard Theosabrata, Direktur Utama SMESCO Indonesia.

Konsep dari SME Village  menjadi hal yang harus dikejar untuk masa depan UKM.  Membangun ekosistem dengan bekerja sama dengan pelbagai stakeholder seperti Kementrian lainnya , Kompas dan lain-lainnya.

Smesco  Indonesia adalah Lembaga resmi di bawah Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia yang bertugas untuk membantu akses pemasaran bagi usaha kecil dan menengah. Tugas pokok pelaksana layanan informasi, pasar, sarana pemasaran, promosi produk dan jaringan pemasaran serta distribusi produk UKM, konsultasi pemasaran peningkatan kemampuan manajemen dan teknik pemasaran serta inkubasi pemasaran.

Setiap UKM didorong untuk menemukan local wisdom yang dimilikinya, dan membuat produknya menjadi produk yang bagus/prima kualitas baik secara nasional maupun internasional.  Produk lokal yang punya nilai long sustainability .

Mereka juga didorong untuk ikut serta 3 program Smesco yang merupakan program unggulan untuk melayani KUKM di seluruh Indonesia. Ketiga program itu SPARCTRAC  @SPARCCAMPUS dan SPARCTRADE.

SPARCTRAC merupakan platform IKU digital untuk mengukur apakah sebuah UKM telah bisa naik kelas dan efektivitas program Sparc dalam upaya tersebut.  Platform ini bertujuan untuk menjadi pertimbangan rekan pembiayaan untuk meberikan pendanaan kepada UKM

Namun diingatkan oleh Pak Leo, bahwa produk yang cukup baik kualitasnya itu perlu dipertahankan untuk bisa diterima oleh pembeli dan ada repetitive order.  Bukan hanya masalah ingin mengembangkan pemasaran dan mencari hutang, tetapi harus punya orientasi untuk quality product yang terus diminati oleh buyer.

SPARC Campung

Platform pelatihan vokasi bertujuan meningkatkan kapasitas dan kemampuan para pelaku UKM dan agar mereka dapat naik kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun