Mohon tunggu...
Julian Asahi
Julian Asahi Mohon Tunggu... Never Give up

Bermimpi tanpa berusaha kosong Berusaha tanpa bermimpi hampa Bermimpilah dan berusahalah wujudkan impianmu...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Besok Masuk Sekolah Lagi

1 Januari 2020   18:42 Diperbarui: 1 Januari 2020   18:47 39 2 1 Mohon Tunggu...

Tanpa terasa sudah seminggu lebih liburan sekolah dan besok sudah masuk lagi. Sebagai seorang guru di daerah yang masuk kategori 1 atau wilayah terpencil, tentu saja waktu liburan kemarin rencananya akan saya gunakan untuk membersihkan kebun. 

Waktu sekolah yang dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 2:15 siang membuat sedikit waktu yang bisa digunakan untuk aktivitas rumah lainnya. Apalagi untuk berkebun yang jarak dari rumah kekebun sekitar setengah jam perjalanan dengan sepeda motor dilanjutkan dengan jalan kaki naik turun bukit. 

Apalagi jika pada musim penghujan dipastikan kendaraan tidak bisa lewat lagi dan harus di dorong.  

Terakhir kekebun sudah ditumbuhi semak berduri. Makanya jauh hari sudah direncanakan jika ada liburan sekolah akan ke kebun untuk membabat semak belukarnya. Selama satu minggu mungkin bisa selesai. 

Akhirnya tepat tanggal 22  Desember kemarin hari yang dinantikan tiba. Dan rupanya rencana berbeda dengan realita, rencananya berkebun realitanya masih ada juga urusan sekolah yang harus diselesaikan. Mulai dari PMP, PDUN dan BIO UN, cek data DNS, mengantar SPTJM guru yang sertifikasi, gaji honor usulan kenaikan pangkat dan sebagainya. Karena selain sebagai guru saya juga sebagai operator dapodik. 

Selain daerah yang jauh dari kota sekitar 2 jam perjalanan, kondisi sinyal internet juga belum ada maka saat harus menyelesaikan tugas tugas tersebut harus pergi ke kota. 

Ditambah lagi kondisi peserta didik yang belum terlalu paham internet untuk pendaftaran SNMPTN DAN SBMPTN juga menjadi tugas operator. Beruntung tahun ini mulai ada Wifi masuk ke kampung bisa jadi lebih hemat waktu dan biaya dibandingkan harus pergi ke kota. 

Tanpa terasa rupanya hari ini hari libur terakhir dan belum sekalipun saya jadi pergi ke kebun. Ya sudahlah mungkin harus menunggu ada waktu libur lagi atau jika mungkin nanti ada rezeki menyuruh orang saja untuk membersihkannya. 

Semoga di semester yang baru ini bisa menjadi guru yang lebih baik, lebih rajin dan menjadi amal kita semua. Selamat bertugas kembali untuk para guru dan selamat belajar kembali untuk para siswa siswi terbaik diseluruh Indonesia. 

VIDEO PILIHAN