Mohon tunggu...
Wuri Handoko
Wuri Handoko Mohon Tunggu... Administrasi - Peneliti dan Penikmat Kopi

Arkeolog, Peneliti, Belajar Menulis Fiksi

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mewarnai Dinding Rumah dengan Nuansa Imlek 2022

1 Februari 2022   14:04 Diperbarui: 2 Februari 2022   04:12 1192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dinding ruang keluarga berwarna merah dan kuning keemasan. Sumber: dokumen pribadi

Saya dilahirkan sebagai orang jawa tulen, tidak ada campuran darah Tionghoa sama sekali. Meskipun jika dirunut jauh ke belakang, menurut cara pandang arkeologi dan bahasa, saya mungkin bagian dari keturunan penutur austronesia dalam sejarah peradaban Nusantara yang sangat panjang. 

Menurut Teori Out Of Taiwan, penutur austronesia yang mendominasi Nusantara ini berasal dari Taiwan. Dari merekalah kita belajar dan mengembangkan budaya bercocok tanam sejak puluhan ribu tahun yang lalu, juga budaya kemaritiman hingga peradaban yang berkembang saat ini. 

Baik, meski saya tidak merayakan Imlek 2022, tapi tanpa sadar saya turut meramaikannya. Tanpa sengaja ikut merayakan Imlek 2022, ketika sekitar sebulan lalu saya baru saja selesai merenovasi rumah, terutama di bagian ruang keluarga. Dan hasilnya bisa dilihat saat ini.

Tanpa sengaja untuk menyambut Imlek 2022, dengan mengecat dinding rumah saya dengan nuansa warna merah dan kuning keemasan. 

Ruang keluarga dengan warna merah dan kuning keemasan menjadi tempat favorit keluarga. Sumber: dokumen pribadi
Ruang keluarga dengan warna merah dan kuning keemasan menjadi tempat favorit keluarga. Sumber: dokumen pribadi

Saya sebenarnya tidak begitu menyukai warna merah dan warna kuning, karena warna favorit saya adalah biru dongker. Kalau untuk dinding rumah, saya menyukai warna biru langit. 

Tapi kali ini saya mengecat warna dinding salah satu ruangan rumah saya dengan dinding merah dan kuning keemasan. Warna merah sebenarnya tidak sengaja, tetapi lebih pada kesesuaian bahan. 

Kebetulan bagian ruang keluarga, dinding rumah saya, saya ganti dengan melapisi dengan batu alam yang lebih mirip bata ekspose. Alhasil, untuk menyesuaikan dengan bahannya, saya meminta tukang andalan saya, mengecatnya dengan warna merah bata. 

Paduan warna merah dan kuning keemasan warna identik perayaan Imlek dan biru labgit warna favorit. Sumber: dokumen pribadi
Paduan warna merah dan kuning keemasan warna identik perayaan Imlek dan biru labgit warna favorit. Sumber: dokumen pribadi

Sementara dinding sebelahnya, saya cat warna kuning semi keemasan. Kebetulan dinding itu menjadi frame untuk batu alam dari nuansa taman air mancur yang airny mengalir di dinding. Batu alam untuk air mancur itu berwarna hitam, sesuai batu alam andesit sebagai bahan dasarnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun