Mohon tunggu...
Wuri Handoko
Wuri Handoko Mohon Tunggu... Administrasi - Peneliti dan Penikmat Kopi

Arkeolog, Peneliti, Belajar Menulis Fiksi

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Personal Branding, Membangun Citra Arkeolog yang Gemar Menulis Fiksi

25 Juni 2021   19:18 Diperbarui: 1 Juli 2021   08:58 219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Personal Branding, Membangun Citra Arkeolog yang Gemar menulis Fiksi. Sumber: dokumen pribadi

Saya sebenarnya tidak paham soal personal branding atau citra diri. Yang pasti saya ingin melakukan banyak hal yang positif dan bermanfaat. 

Mengerjakan banyak hal yang menghibur tentunya. Saya senang mengerjakannya dan merdeka, tanpa terbelenggu oleh latar pekerjaan dan rutinitas formal. 

Saya harus akui, sebagai pegawai pemerintah, rasanya sulit kita memposisikan diri untuk membangun personal branding. 

Hal itu karena rutinitas pekerjaan sebagai pegawai pemerintah sudah ada aturan baku soal hak dan kewajiban. 

Namun bukan berarti lalu kita harus stag atau berhenti pada rutinitas itu. Sebagai arkeolog pemerintah, saya anggap itu sebagai hobi.

Sudah hobi dibayar pula. Karena saya senang melakukan pekerjaan sebagai arkeolog. 

Tapi, saya tidak hanya menyenangi dunia arkeologi yang sudah menjadi pekerjaan melekat di keseharian saya. 

Sejak dulu, secara otodidak saya menulis puisi, walaupun sebelum bergabung di Kompasiana hanya sekedar menulis untuk mengisi file-file laptop saya. 

Kadangkala bahkan lupa dimana folder penyimpanannya, saking banyaknya file-file kerjaan yang berserak tak rapi. 

Namun, sejak bergabung dengan Kompasiana, saya seperti menemukan ruang baru untuk berimprovisasi menulis puisi. Belajar lagi menulis puisi. 

Selain puisi saya juga menulis cerpen. Kalau di total, sedikitnya ada 15 cerpen saya sudah tayang di Kompasiana. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun