Mohon tunggu...
Wuri Handoko
Wuri Handoko Mohon Tunggu... Penikmat Kopi dan Belajar Menulis

Arkeolog, Peneliti, Penikmat Kopi, Pecandu Senja, Pencinta Telaga, Belajar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Orang Maluku dan Mitologi Nunusaku, tentang Mitos Asal-usul dan Peradaban Awal

18 Oktober 2020   11:28 Diperbarui: 18 Oktober 2020   12:12 168 20 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Orang Maluku dan Mitologi Nunusaku, tentang Mitos Asal-usul dan Peradaban Awal
Pulau Seram, Maluku. Sumber: https://www.money.id/

Maluku, terkenal dengan wilayah nusantara yang lekat dengan tradisi dan kepercayaan terhadap leluhur. Juga sangat percaya dan mempertahankan mitos-mitos di sekitar kehidupan mereka. Salah satu mitos yang paling dikenal di kalangan masyarakat Maluku hingga sekarang adalah Mitos tentang Nunusaku

Mitologi Nunusaku, bagi Orang Maluku terutama yang berasal dari Pulau Seram, sangat percaya, bahwa Nunusaki berhubungan dengan asal usul masyarakat Maluku, juga tentang peradaban awalnya. 

Dari Nunusaku lah orang Maluku pertama kali berasal, lalu menyebar membangun kampung-kampung di Pulau Seram. Lalu dari Pulau Seram, leluhur menyebar ke berbagai wilayah atau pulau lainnya di Kepulauan Maluku, hingga terbentuk seperti yang sekarang ini. 

Di Maluku, kemudian sangat dikenal sebutan Negeri Lama, adalah kampung-kampung di pegunungan, yang pada abad 17M, direlokasi oleh pemerintah Belanda ke wilayah pesisir untuk memudahkan kontrol Belanda terhadap penduduk lokal. Negeri-negeri lama di seluruh pulau di Wilayah Maluku, konon asal muasalnya dari Pulau Seram, dengan Nunusaku sebagai peradaban pertama kalinya hadir. 

Kisah ini adalah pengalaman pertama kalinya ketika saya bekerja sebagai arkeolog untuk wilayah Maluku. Sekitar dua belas tahun yang lalu. Justru data tentang mitologi ini yang pertama kali disodorkan di depan saya. 

Jauh sebelum saya melihat sendiri data arkeologinya. Sebagai arkeolog, tentu saja mitologi Nunusaku adalah sisi lain pencarian tentang tabir peradaban. 

Saya tidak mungkin mengabaikan soal ini, tetapi tidak mungkin juga mempercayai begitu saja. Maka, sebagai orang yang baru menginjakkan kaki di Maluku, tentu saya mencari cara untuk berdamai. 

Alhasil, informasi tentang mitologi Nunusaku, saya kumpulkan. Bukan semata-mata menerima begitu saja kebenarannya, namun justru sebagai loncatan untuk menemukan data arkeologi.

Tapi rasa-rasanya, tidak cukup isi kepala yang memorinya sangat terbatas ini, untuk menyimpan semua informasi tentang Nunusaku. Pun begitu, catatan yang miliki itu. Jadi apa yang saya bagikan disini, mungkin hanya sekeping serpihan saja. 

Nunusaku di Pulaun Seram, Nusa Ina (Pulau Ibu)

Bagi masyarakat Maluku, pada umumnya, dan terutama yang bermukim di wilayah Pulau Seram, Nunusaku dipercaya sebagai cikal bakal peradaban orang Malulu. Nunusaku, adalah tempat suci, di atas gunung di tengah belantara Pulau Seram. Hanya orang berhati bersih dan berniat baiklah, yang mampu menemukannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x