Mohon tunggu...
Bistari Mustafa
Bistari Mustafa Mohon Tunggu... Free

Tana Ekan Nura Wolo.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Ina Burak, Selatan Adonara nan Eksotis

8 Februari 2021   12:00 Diperbarui: 8 Februari 2021   12:20 263 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ina Burak, Selatan Adonara nan Eksotis
dokumentasi pribadi Januari 2017

Adonara. Mungkin dari beberapa teman-teman pembaca banyak yang belum mengetahui dimana tepat letaknya, masuk dalam wilayah provinsi apa?  Adonara adalah sebuah pulau bagian dari provinsi NTT, tepatnya di kabupaten Flores Timur.

Cerita tentang Adonara sangatlah banyak, tidak ada habisnya. Apalagi tentang sejarah, asal-usul keturunan hingga budaya di pulau itu, tidak lupa juga suku-suku penghuninya yang begitu banyak. Bicara tentang alam juga tidak ketinggalan, ada gunung, danau, gusung, ada juga juga beberapa gugusan pulau yang mungil, pantainya apalagi. setiap pantai memiliki pesonanya masing-masing

Pulau Adonara sendiri memiliki beberapa pantai, sebut saja pantai "Wato Tena", "Ina Burak", "Wera Mean", "Laga Loe", dan banyak lagi yang belum sempat diekspose.
 

dokumentasi pribadi  Januari 2017. hempasan ombak yang memecah di batu karang.
dokumentasi pribadi  Januari 2017. hempasan ombak yang memecah di batu karang.
Ina Burak, pantai ini terletak di wilayah selatan pulau Adonara. kata ina burak sendiri memiliki arti Ina (Perempuan) dan Burak (Putih), terlepas dari cerita hingga pemeberian nama menjadi ina burak yang belum penulis ketahui, ina burak sendiri bersebalahan dengan pantai wato tena, hanya dibatasi oleh batu karang.
sore hari adalah waktu yang tepat jika ingin mengabadikan momen matahari terbenam karena di pantai ini adalah salah satu spot sunset dari banyaknya spot yang ada, dengan ciri khas yang membuat terpesona adalah batu karang besar nan tinggi serta hamparan pasir putih yang terbentang luas, namun tidak direkomendasikan untuk bermandian di pantai ini karena ombaknya yang besar.

dokumentasi pribadi Januari 2016. mentari terbenam.
dokumentasi pribadi Januari 2016. mentari terbenam.

jika teman-teman berkunjung ke Flores Timur, jangan lupa ke pulau Adonara cukup menyebrangi dengan kapal motor penumpang yang banyak tersedia, setelah tiba, untuk menuju lokasi gunakan saja ojek yang sudah menanti di setiap dermaga penyebrangan yang siap mengantar. urusan keramahan dan suguhan alamnya pasti memanjakan dan tentunya memberikan kesan yang berbeda dalam ingatan.
Salam!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x