Mohon tunggu...
Wulidatul Rohma
Wulidatul Rohma Mohon Tunggu... Profil pribadi

mahasiswa prodi piaud IAIN Jember

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Tahukah Kamu Cara Menganalisis Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan?

8 Desember 2019   22:53 Diperbarui: 8 Desember 2019   23:35 28 0 0 Mohon Tunggu...

Tujuan saya membuat artikel kali ini ingin membagi informasi kepada anda para pembaca bagaimana cara kita menganalisis pengetahuan maupun ilmu pengetahuan ?

Pertama kita harus tahu terlebih dahulu devinisi dari ilmu pengetahuan itu sendiri. Ilmu pengetahuan menurut saya adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar guna untuk mengetahui, maupun mencari informasi dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada manusia akan berbagai macam kenyataan alam yang ada. Ilmu pengetahuan itu bisa kita peroleh dengan cara yang lebih spesifik lagi. 

Selain itu ilmu pengetahuan khusus tersebut biasanya dipakai oleh kita untuk mengetahui kebenaran dari suatu ilmu secara lebih mendalam. Dimana ilmu pengetahuan khusus itu lebih mengacu pada experience yang kita miliki. Disaat kita ingin menyelidiki ilmu pengetahuan kita harus tahu terlebih dahulu akan pokok permasalahannya. Adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

  1. Merumuskan pokok permasalahan yang ada dalam bentuk sebuah pertanyaan
  2. Lalu kita bisa melaksanakan sebuah pengamatan yang disertai dengan mengumpulkan data-data yang telah didapat
  3. Kemudian kita bisa melakukan pengklasifikasian data/pengelompokkan data-data
  4. Setelah itu kita bisa mengambil kesimpulan secara umum
  5. Kita bisa meramalkan teori yang sudah ada sebelumnya, sehingga menghasilkan sebuah hipotesis (dugaan sementara) baru dalam bentuk perumpamaan
  6. Yang terakhir yaitu kita bisa menguji kebenaran dari ilmu pengetahuan tersebut

Setelah kita mengetahui bagaimana cara menganalisis ilmu pengetahuan dengan benar, kemudian saya ingin memberi tahu kepada anda apa itu yang dimaksud dengan pengetahuan moral? Pengetahuan moral itu biasanya membicarakan sesuatu yang berkenaan dengan tingkah laku maupun kebiasaan baik buruk dari manusia. Secara umum etika itu dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu: etika deskriptif dan etika normatif. 

Etika deskriptif itu lebih mengacu kepada ajaran moral yang berlaku di tengah-tengah masyarakat. Sedangkan etika normatif itu lebih mengacu pada norma-norma yang dianggap baik maupun buruk berdasarkan fakta yang ada, dimana kita sebagai manusia dituntut untuk mematuhinya. Selain itu saya juga ingin memberi tahu apa itu pengetahuan religius. 

Menurut saya pengetahuan religius itu merupakan suatu ilmu yang berkaitan erat dengan sikap patuh manusia dalam menjalankan ajaran agama dari tuhannya contohnya saja : larangan untuk mencuri maupun perintah untuk melaksanakan puasa ramadhan jika orang tersebut beragama islam, namun dalam pengetahuan religius ini mengajarkan kepada kita untuk hidup rukun dan saling menghargai dengan pemeluk agama lain. Sedangkan religius itu sendiri seringkali disamakan dengan suatu keyakinan maupun kepercayaan yang dijadikan pedoman atau panutan bagi manusia. Saya berharap mudah-mudahan informasi yang saya tulis kali ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua

VIDEO PILIHAN