Mohon tunggu...
WON Ningrum
WON Ningrum Mohon Tunggu... Peace of mind, peace of heart...

Seorang Pembelajar Seumur Hidup

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Resolusi Tahunan untuk Hidup Berkah dan Berdampak (3/3)

3 Desember 2019   19:30 Diperbarui: 3 Desember 2019   19:36 0 2 1 Mohon Tunggu...
Resolusi Tahunan untuk Hidup Berkah dan Berdampak (3/3)
Ilustrasi foto: freepik.com

Bagaimana, sudah membuat resolusi yang "nendang" untuk tahun 2020? Mudah-mudahan kita bisa menargetkan hal-hal yang penting dan bermanfaat bagi hidup kita ke depannya, ya.

Perlu diingat bahwa sebenarnya membuat resolusi tidak harus di akhir tahun atau di awal tahun. Kita bisa membuat resolusi kapan pun dan di mana pun karena tujuan membuat resolusi adalah agar kita mempunyai target-target tertentu sehingga membuat hidup kita lebih baik dan berenergi dari hari ke hari serta ada tujuan yang jelas yang bisa diraih dalam menjalani hidup yang fana ini.

Jadi, bagaimana membuat resolusi? Oke. Mari kita mulai. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat resolusi yang baik:

1. Saringlah target/goals yang ingin dicapai menjadi "80/20".

Banyak ahli yang menyarankan prinsip ini. Jadi, buatlah list sebanyak-banyaknya target yang kita butuhkan dan ingin kita usahakan. Lalu saringlah target-target tersebut menjadi 20% saja target dari keseluruhan yang kalau dijalankan akan bisa sekaligus mencapai target lain yang sebanyak 80% sisanya. Hal ini berdasarkan pada "Prinsip Pareto".

Secara sederhana, "Hukum Pareto" mengajak kita untuk lebih mempertajam intuisi dan mencari 20% usaha tersebut! Bayangkan efektivitas waktu, tenaga, dan pikiran yang bisa kita peroleh jika kita berhasil menemukan 20% sebab tersebut. Kemudian kita bisa memaksimalkannya untuk mencapai 80% atau bahkan 100% kesuksesan dalam hidup kita.

Warren Buffett, seorang investor dan CEO beberapa perusahaan besar dunia yang merupakan orang terkaya dunia nomor 3, menerapkan prinsip ini dalam menjalani bisnis-bisnisnya. Dalam hal ini biasanya Warren Buffett akan memanggil asistennya dan berdiskusi tentang apa saja yang akan menjadi resolusi untuk jangka waktu tertentu dan membuat daftarnya. Lalu dari sekian puluh daftar itu, Buffett akan mencari/menyaring menjadi 3 target "besar" saja yang akan dijalankan, dimana dari 3 target tersebut akan sekaligus bisa mencapai pencapaian puluhan target di awal.

2. Atau dari target-target yang sudah kita canangkan, rencanakanlah untuk satu demi satu merealisasikan sebuah target besar di setiap bulannya. Misalnya, jalankan 1 target tertentu di bulan Januari saja sampai target itu bisa dicapai di bulan itu juga, jika memungkinkan untuk berjalan seperti yang kita harapkan.

Setelah itu, melangkah ke bulan Februari, kita bisa memulai mengerjakan target yang ke-2 hingga bisa tuntas di bulan itu juga, dan seterusnya dengan metode yang sama. Hal ini lebih memudahkan kita untuk fokus pada satu hal saja sampai kita berhasil merealisasikannya; hasilnya bisa segera nampak atau real. Di sini akan ada kepuasan tersendiri nantinya, dan ini bisa lebih memicu semangat kita untuk mengerjakan target lainnya.

3. Visualisasikan target/resolusi yang telah dibuat sebelum dijalankan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x