Travel Pilihan

5 Destinasi Wisata Alam Cantik di Berau

9 November 2018   12:15 Diperbarui: 9 November 2018   13:06 206 1 0
5 Destinasi Wisata Alam Cantik di Berau
Labuhan Cermin (Dokumentasi Pribadi)

Kamu sedang mencari destinasi wisata yang ada di Indonesia untuk menghabiskan libur tahun baru? Sepertinya kamu harus pergi ke Kabupaten Berau yang terletak di Kalimantan Timur.

Kabupaten Berau memiliki pesona alam yang tidak kalah cantik dengan Bali atau pun Lombok. Wisata yang bisa kamu datangi pun beragam, mulai dari wisata sejarah, wisata kuliner hingga wisata alam. Dan berbicara tentang wisata alam, Berau memiliki banyak danau dan pulau-pulau kecil yang cantik. Tempat ini sangat bisa menghilangkan kepenatan kamu. Nah, untuk kamu yang ingin menikmati keseruan libur akhir tahun di Berau, lebih baik cari tahu dulu tempat wisata populer yang ada di bawah ini!

Danau Labuhan Cermin

Danau Labuhan Cermin (Dokumentasi Pribadi)
Danau Labuhan Cermin (Dokumentasi Pribadi)
Terletak di kecamatan Biduk-Biduk, danau Labuhan Cermin menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan lokal atau pun mancanegara. Warna air yang bening kebiruan menjadi daya tarik tempat ini. Saking jernihnya, kamu bisa dengan mudah melihat ranting pepohonan yang berada di dasar danau. Selain itu, kamu juga bisa menemukan beragam organisme perairan (tawar dan asin) seperti ikan air tawar pada permukaan danau dan penyu pada dasar danau.

Untuk mencapai Danau Labuan Cermin, kamu membutuhkan waktu sekitar enam jam perjalanan darat dari Tanjung Redeb. Biaya tiket masuk Labuhan Cermin gratis, hanya saja ketika kamu ingin menikmati keindahan alamnya secara langsung, kamu harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 100.000,- untuk menyewa perahu dan mengantarkanmu ke lokasi.

Pulau Derawan

Pulau Derawan (Dokumentasi Pribadi)
Pulau Derawan (Dokumentasi Pribadi)

Derawan merupakan salah satu Pulau wisata yang cukup terkenal di Kalimantan Timur. Selain keindahan pantai, keindahan bawah lautnya menjadikan Derawan menjadi salah satu wisata andalan di Berau. Kalau kamu sudah berada di Derawan, jangan ragu untuk menikmati  keindahan bawah lautnya dengan snorkeling atau diving. Jika beruntung, kamu bisa menemukan hiu tutul dan penyu berukuran besar. Apa kamu tertarik menyelam bersama biota laut?

Pulau Sangalaki

Jetty Pulau Sangalaki (Dokumentasi Pribadi)
Jetty Pulau Sangalaki (Dokumentasi Pribadi)
Pulau Sangalaki menjadi tempat hidup, bertelur dan konservasi berbagai spesies penyu yang ada di Kepulauan Derawan dan Asia Tenggara. Tempat ini menjadi tempat favorit para penyelam seluruh dunia untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Selain menyelam, aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah berjalan-jalan mengelilingi Pulau dan menikmati laut yang berwarna toska dari atas jetty. Kamu bisa puas berfoto-foto di tempat ini karena pemandangannya sangat indah dan tempatnya tidak penuh pengunjung.

Pulau Maratua

Pulau Maratua (dokumentasi pribadi)
Pulau Maratua (dokumentasi pribadi)

Maratua merupakan pulau berpasir putih. Daratannya terdiri dari bongkah dan sedikit tanah, memiliki vegetasi kelapa yang cukup dominan dan beragam jenis mangrove. Di perairan Maratua, jika beruntung kamu bisa menemukan Manta dan Hiu. Dua jenis organisme laut inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Maratua.

Letak Maratua yang cukup jauh menjadikan Maratua jarang didatangi oleh wisatawan lokal. Namun jangan khawatir, sekarang di Maratua sudah ada bandara lokal sehingga bisa menghemat waktu kamu untuk mengunjungi Pulau cantik ini.

Runway Bandara Maratua (Dokumentasi Pribadi)
Runway Bandara Maratua (Dokumentasi Pribadi)
Akomodasi di Maratua termasuk lengkap dan hampir sama dengan Derawan. Di tempat ini sudah banyak homestay dan resorts yang beroperasi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk bermalam selama berhari-hari bersama teman, keluarga atau pasangan kamu di tempat ini.

Salah Satu Resort di Maratua (Dokumentasi Pribadi)
Salah Satu Resort di Maratua (Dokumentasi Pribadi)
Pulau Kakaban


Selain Derawan dan Sangalaki, wisata andalan Berau yang menjadi favorit para divers adalah Kakaban. Keunikan Kakaban yaitu adanya danau air payau di tengah Pulau yang menjadi habitat ubur-ubur tak menyengat (stingless jellyfish). Dari empat jenis ubur-ubur yang ada, dua diantaranya hanya ada di Indonesia. Ubur-ubur mungkin menjadi daya tarik Kakaban, namun siapa sangka kalau Kakaban juga memiliki pesona bawah laut yang sangat indah. Terletak di segitiga karang dunia membuat Kakaban menjadi salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia. Menarik, kan? Kapan lagi bisa berenang dengan ubur-ubur? Saya yang awalnya menolak pun akhirnya luluh dan ikut berenang dengan organisme langka nan cantik itu.

Untuk kamu yang berencana mengunjungi tempat ini sangat disarankan untuk menginap di Derawan atau Maratua karena di Kakaban tidak ada penginapan.

Nah, tertarik menikmati wisata Indonesia bersama orang tersayang? Kalau iya, segera ajukan cuti dan pesan tiket pesawat kamu sekarang juga. Tenang saja, bagi kamu yang sedang cari promo tiket murah, ada Pegipegi yang menjawab kebutuhan kamu. Sebagai salah satu aplikasi online booking segala macam hotel, tiket pesawat dan kereta api dengan berbagai rute yang ada di Indonesia, Pegipegi sangat bisa kamu andalkan. Tunggu apalagi? Yuk pesan tiket pesawat kamu di sini.