Mohon tunggu...
Wiwik
Wiwik Mohon Tunggu... Peternak - Mahasiswa

Haaiii..

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Olah Susu Segar Jadi Yoghurt, Kreativitas Rumahan Hasilkan Untung pada Masa Pandemi Covid-19

4 Agustus 2021   15:26 Diperbarui: 8 Agustus 2021   18:16 48 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Olah Susu Segar Jadi Yoghurt, Kreativitas Rumahan Hasilkan Untung pada Masa Pandemi Covid-19
Dok. pribadi

Semarang (03/08) Pada masa covid 19 seperti sekarang ini tidak membuat pelaksaan Kuliah Kerja Nyata ( KKN) Undip berhenti. Kegiatan KKN Tim II Undip dilaksanakan pada tanggal 30 Juni s.d. 11 Agustus 2021 dengan tema "Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui kegiatan KKN". Menanggapi tujuan tersebut, Wiwik Marwiah mahasiswa KKN Tim II Undip dari Fakultas Peternakan dan Pertanian dengan dibimbing Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Dr. Cahya Tri Purnami, S.KM., M.Kes membuat program KKN berjudul "Pembelajaran Tentang Cara Pengolahan Yoghurt Drink".  Tujuan program adalah untuk melatih kreativitas masyarakat rumahan dengan membuat yoghurt dengan bahan yang mudah didapat untuk konsumsi keluarga maupun untuk peluang usaha.
Yoghurt merupakan hasil olahan susu yang difermentasi menggunakan Bakteri Asam Laktat (BAL). Yoghurt memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan dapat menghasilkan keuntungan jika dijadikan usaha walau dalam skala rumahan.
Wilayah RT 02/07 Kelurahan Tembalang,  Kecamatan Tembalang terletak di dekat peternakan Undip  merupakan wilayah yang terletak dengan daerah yang dekat dengan peternakan Undip, dan terdapat beberapa penjual susu segar di daerah tersebut. Kondisi tersebut memudahkan   mendapatkan susu segar sebagai bahan utama pembuatan yoghurt. "Wiwik, mencoba menjelaskan bagaimana proses pembuatan yogurt drink dengan menggunakan bahan dan peralatan yang memudahkan masyarakat untuk membuatnya. Dalam keterbatasan selama pandemi covid-19 yang harus social distancing, mahasiswi ini sangat kreatif dalam penyampaiannya ke masyarakat lebih luas yaitu melalui leaflet dan dengan memanfaatkan sosial media, YouTube", komentar Dr. Cahya Tri Purnami, S.KM., M.Kes  Senin (02/08/2021).
"Enak tuh, kapan2 bikin lah.." tulis Azizah dikolom komentar YouTube Wiwik, Rabu (27/07/2021).

         Gambar 1. Leaflet cara pembuatan yoghurt (dok. pribadi)
         Gambar 1. Leaflet cara pembuatan yoghurt (dok. pribadi)
Video mengenai cara pembuatan yogurt drink dapat diakses melalui link YouTube,  https://youtu.be/DRlbId4E4U4. Pendampingan pembuatan secara langsung juga dilakukan oleh Wiwik, namun hanya diikuti oleh beberapa orang pengurus di tingkat RT dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada. Pendampingan dilakukan pada Kamis (29/07/2021) di Rumah pak RT 02/07 Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.
"Untuk membuat yoghurt ternyata bahan yang digunakan mudah didapat dan pengolahannya tidak ribet" ujar Bu Nanik, warga RT 02/07, Tembalang, Kamis (29/07/2021).
"Yoghurt ternyata dapat diberi berbagai rasa seperti rasa stroberi, anggur, jeruk yang biasanya anak-anak akan suka" ujar Bu Rt 2, Ibu Ketua RT 02/07, Tembalang, Kamis (29/07/2021).
Dengan adanya program ini diharapkan masyarakat mampu mengembangkan lagi potensi yang ada di sekitar wilayahnya sehingga  bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat tersebut.

Penulis : Wiwik Marwiah
Editor : Dr. Cahya Tri Purnami, S.KM., M.Kes

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN