Mohon tunggu...
Wiwit Nahdiyah Safitri
Wiwit Nahdiyah Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Perempuan, anak pertama, Mahasiswi UIN Malang

Hai Wiwit disini!! Genap umur 20 tahun di 2023 ini, terrcatat sebagai salah satu Mahasiswi di Universitas Islam Negeri Malang. Gadis penyuka senja, alam dan mempunyai cita-cita sebagai??? jejak bisa ditemukan di akun Instagram @wwtnhdyh. jadilah orang yang bermanfaat bagi sekitar meskipun hanya sebuah uluran tangan ataupun sebatas senyuman hehe.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Petualangan Pembelajaran: Mengikuti Jejak Kejadian Belajar Gagne

5 November 2023   21:40 Diperbarui: 5 November 2023   21:47 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apakah Anda pernah berpikir tentang bagaimana proses pembelajaran sebenarnya berlangsung? Robert Gagne, seorang ahli dalam bidang psikologi pendidikan, seperti arsitek pembelajaran yang mengubah tata cara kita memahami bagaimana pengetahuan disusun dan diperoleh. Gagne telah merancang fondasi penting dalam teori pembelajaran yang menyinari dunia pendidikan dengan cahaya penuh inspirasi. Dalam upaya untuk membuat proses pembelajaran lebih efektif dan menarik, ia memperkenalkan hierarki dan strategi pembelajaran yang sekarang menjadi panduan penting bagi guru, pelatih, dan pembelajar di seluruh dunia. Robert Gagne, seorang arsitek visi pembelajaran yang penuh semangat, telah membuka pintu menuju pengetahuan dengan cara yang lebih cerdas dan menyenangkan.

Robert Gagne telah membantu kita memahami kerumitan di balik cara kita memperoleh pengetahuan. Gagne mengusulkan suatu konsep yang mengubah cara kita memandang pembelajaran, dan ini tidak hanya bermanfaat bagi para pendidik, tetapi juga untuk siapa saja yang ingin memahami bagaimana kita belajar dengan lebih efektif. Mari kita jelajahi pandangan Gagne yang penuh inspirasi tentang pembelajaran, dan bagaimana konsepnya dapat membantu kita belajar dengan lebih baik dan menyenangkan.

Robert Gagne memperkenalkan konsep Hierarki Gagne, yang memecah proses pembelajaran menjadi tahap-tahap yang terstruktur dan efektif. Ini meliputi tahap persiapan, pemberian informasi, stimulasi, respons, umpan balik, penguatan, dan pemeliharaan. Melalui pendekatan ini, Gagne menekankan pentingnya perencanaan pembelajaran yang baik, memberikan stimulus yang tepat, memberikan umpan balik yang relevan, dan penguatan positif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Konsep ini relevan dalam berbagai konteks pembelajaran, mulai dari kelas di sekolah hingga pelatihan di tempat kerja. Ketika diterapkan dengan baik, ini dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, efektif, dan efisien. Hal ini membantu siswa dan peserta pelatihan untuk memahami, mengingat, dan mengaplikasikan informasi dengan lebih baik. Dengan pendekatan Gagne, kita dapat mengoptimalkan pengalaman belajar kita dan memastikan bahwa pembelajaran tidak hanya berjalan dengan lancar, tetapi juga menginspirasi kita untuk terus belajar.

Bayangkan hasil belajar sebagai harta karun yang kita peroleh setelah menjalani petualangan pembelajaran. Robert Gagne, dengan pandangannya yang mengagumkan tentang pembelajaran, telah membantu kita memahami cara mencapai harta karun ini. Menurut Gagne, hasil belajar adalah kemampuan nyata yang diperoleh oleh peserta didik setelah melewati proses pembelajaran yang terstruktur. Hasil belajar ini bisa berupa beragam kemampuan, dari pemahaman konsep hingga keterampilan praktis. Misalnya, ketika seseorang belajar mengendarai sepeda, hasil belajarnya adalah kemampuan mengayuh dan menjaga keseimbangan. Untuk siswa yang mempelajari matematika, hasil belajar bisa berupa kemampuan untuk memecahkan masalah matematika yang rumit.

Dalam esensi, hasil belajar adalah 'raja mahkota' dari proses pembelajaran. Ini adalah bukti bahwa pengetahuan dan keterampilan telah diinternalisasi dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Gagne mengajarkan kepada kita bahwa hasil belajar adalah tujuan akhir yang memotivasi kita untuk menjalani perjalanan pembelajaran yang menarik dan bermanfaat.

Gagne mengemukakan bahwa hasil belajar bisa dikelompokkan ke dalam lima domain utama:

1. Keterampilan intelektual (Intellectual Skills): Ini mencakup kemampuan seperti memecahkan masalah, analisis kritis, dan berpikir kreatif. Hasil belajar dalam domain ini berfokus pada pengembangan kemampuan berpikir yang lebih baik dan lebih cerdas.

2. Keterampilan keterampilan keterampilan (Cognitive Skills): Ini adalah keterampilan yang berkaitan dengan pengetahuan, pemahaman, dan ingatan. Hasil belajar di sini melibatkan pengenalan konsep, fakta, dan informasi baru.

3. Keterampilan interpersonal (Interpersonal Skills): Termasuk kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dalam tim, dan memahami perasaan orang lain. Hasil belajar dalam domain ini membantu kita menjadi lebih baik dalam berinteraksi dengan orang lain.

4. Keterampilan motorik (Motor Skills): Ini mencakup kemampuan fisik seperti mengemudi, bermain alat musik, atau melukis. Hasil belajar di sini berfokus pada pengembangan keterampilan fisik yang lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun