Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kiprah Wakil Asia di Piala Dunia 2022 Cukup Luar Biasa

3 Desember 2022   15:55 Diperbarui: 3 Desember 2022   16:07 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tiga orang pemain Australia, Korea Selatan, dan Jepang (Sumber: https://twitter.com/FIFAWorldCup)

Tiga dari enam wakil Asia (Zona AFC) di Piala Dunia 2022 berhasil melaju ke babak 16 besar. Ketiga tim tersebut adalah Jepang, Korea Selatan, dan Australia.

Jepang melaju ke babak 16 besar dengan status sebagai juara Grup E. Sedangkan Korea Selatan dan Australia melaju ke babak 16 besar karena menempati posisi runner-up di grup masing-masing.  Korea Selatan jadi runner-up Grup H dan Australia jadi runner-up Grup D.

Lolosnya tiga wakil Asia ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 merupakan hal yang cukup luar biasa. Hal itu dikarenakan persaingan antar peserta di fase grup cukup ketat dan sengit.

Malahan jika saja Arab Saudi dan Iran tampil lebih maksimal, keduanya dipastikan akan lolos pula ke babak 16 besar. Namun sayang, Arab Saudi dan Iran kurang beruntung. Keduanya gagal menambah poin.

Arab Saudi yang tergabung di Grup C sempat tampil mengejutkan. Di pertandingan perdana fase Grup C, Arab Saudi mampu mengalahkan juara Piala Dunia dua kali Argentina dengan skor 2-1.

Dengan modal kemenangan itu Arab Saudi hanya membutuhkan tambahan satu angka lagi alias hasil imbang untuk lolos ke babak 16 besar. Akan tetapi Arab Saudi gagal menambah satu angka dari dua laga sisa.

Arab Saudi kalah 0-2 dari Polandia di pertandingan kedua. Arab Saudi juga kalah di pertandingan ketiga dari Meksiko dengan skor 1-2.

Demikian pula Iran yang tergabung di Grup B. Kendati kalah 6-2 dari Inggris di laga perdana, tapi kemudian menang 2-0 atas Wales.

Dengan kemenangan atas Wales itu, Iran memiliki modal tiga poin. Iran hanya membutuhkan hasil imbang dengan Amerika Serikat untuk lolos ke babak 16 besar. Namun sayang, Iran kebobolan di menit ke-38 melalui Christian Pulisic.

Celakanya Iran tak mampu membalas gol Amerika Serikat yang dilesakkan Pulisic. Sehingga pertandingan berakhir 1-0 untuk keunggulan Amerika Serikat. Iran pun gagal menambah satu poin dan sekaligus gagal ke babak 16 besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun