Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Kurang Nyaman Menggunakan Windows 11? Bisa Balik Lagi ke Windows 10

7 April 2022   08:56 Diperbarui: 7 April 2022   19:46 736
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampilan Windows 11 (Sumber : kompas.com)

Ini pengalaman pribadi saya sendiri. Mungkin kasus ini tidak bersifat umum. Apa yang saya alami belum tentu dialami oleh orang lain sesama pengguna Windows 11.

Sekira satu bulan yang lalu, notebook kesayangan yang sudah cukup berumur dan masih menggunakan Windows 7 mengalami masalah. Office-nya yang masih menggunakan Office 2010 pun tidak bisa dibuka. Praktis semua file pun tidak bisa dibuka. Beberapa software juga mengalami masalah.

Saya pikir notebook itu mungkin sudah terlalu kecapean. Sudah saatnya notebook kesayangan itu diistirahatkan.

Saya pun kemudian mencari penggantinya. Saya beli notebook baru yang harganya tidak terlalu mahal tapi speknya cukup bagus. Salah satu speknya RAM DDR4 6 GB. OS menggunakan Windows 10 Pro.

Setelah sekira 10 hari muncul pemberitahuan untuk update Windows. Saya pun penasaran untuk mencoba OS baru Windows 11. Saya pikir notebook baru saya akan lebih bagus performanya dengan Windows 11.   

Singkat cerita, di-update-lah OS notebook saya dari Windows 10 ke Windows 11. Memang tampilan notebook menjadi lebih keren dan ada suasana baru. Saya pun merasa senang bisa menggunakan Windows 11.

Setelah Windows di-update, notebook saya standby kan. Notebook saya tinggal sebentar. Saya pergi ke dapur untuk mengambil air kopi.

Namun saya agak kaget. Setelah beberapa saat saya kembali dari dapur mengambil kopi, notebook dalam keadaan mati. Perasaan tadi saya tidak men-shutdown notebook.

Tapi rasa kaget itu saya tepis. Dalam hati saya berkata, "Mungkin tadi lupa atau tidak sengaja notebook di-shutdown."

Notebook pun saya nyalakan kembali dan saya gunakan kembali. Setelah beberapa lama, notebook saya shutdown.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun