Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kamerun akan Hadapi Pembunuh Ghana di Babak 16 Besar AFCON 2021

24 Januari 2022   18:11 Diperbarui: 25 Januari 2022   09:47 349 17 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penjaga Gawang Kamerun, Andre Onana (Sumber: solo.tribunnews.com)

Tuan rumah Piala Afrika 2021 alias AFCON 2021 (Africa Cup of Nations) Kamerun akan melakoni pertandingan di fase knockout, babak 16 besar, Selasa dini hari (25/01). Adapun lawan yang akan dihadapi Kamerun adalah Komoro, tim debutan sekaligus pembunuh Ghana di AFCON 2021 ini.

Komoro memang baru pertama kali berpartisipasi di putaran  final Piala Afrika. Namun demikian, kiprah tim berjuluk Les Coelecantes ini langsung mencuri perhatian. Betapa tidak, Komoro langsung menggebrak dengan lolos ke fase knockout, babak 16 besar.

Lebih mencengangkan lagi, Komoro lolos ke fase knockout, babak 16 besar dengan menyingkirkan tim kuat, finalis 9 kali dan 4 kali juara Piala Afrika, Ghana. Di pertandingan ke-3 fase Grup C, Ghana yang membutuhkan kemenangan untuk lolos ke fase knockout, babak 16 besar justeru dihabisi Komoro dengan skor 3-2.

Ghana, salah satu tim unggulan di AFCON 2021 ini pun harus menerima kenyataan gagal lolos ke fase knockout, babak 16 besar. Lebih dari itu Ghana juga harus menanggung malu karena menempati posisi paling buncit alias juru kunci Grup C.

Sebaliknya bagi Komoro, kemenangan atas Ghana mengantarkannya  ke fase knockout, babak 16 besar. Komoro yang menempati posisi ke-3 Grup C, termasuk 4 tim terbaik sehingga berhak atas satu tiket babak 16 besar.

Menilik sepak terjang Komoro di fase grup, Kamerun sebagai lawan Komoro di babak 16 besar patut waspada. Bukan tidak mungkin Komoro akan membuat kejutan lagi di fase knockout, babak 16 besar.

Jika Komoro dibandingkan dengan Kamerun, mungkin ibarat David versus Goliath. Komoro adalah tim debutan di Piala Afrika yang "beruntung" lolos ke fase knockout, babak 16 besar. Sementara Kamerun adalah pengoleksi trofi Piala Afrika terbanyak ke-2 setelah Mesir. Kamerun adalah juara Piala Afrika 5 kali.

Kamerun juga merupakan tim bertabur bintang. Berdasarkan data transfermrkt.co.id, para pemain Kamerun yang bermain di AFCON 2021 ini, yang berjumlah 28 orang semuanya alias 100 persen bermain di luar negeri.   

Seperti Karl Toko Ekambi bermain di Olympique Lion (Perancis), Eric Choupo-Moting bermain di Bayern Munchen (Jerman), dan Martin Hongla bermain di Hellas Verona (Italia).

Kemudian Jerome Onguene bermain di RB Salzburg (Austria), Andre Onana bermain di Ajax Amsterdam (Belanda), Nicolas Moumi Ngamelu yang bermain di Young Boys (Swiss), atau Pierre Kunde bermain  di Olympiakos Pireus (Yunani), dan lain-lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan