Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Perancis dan Belgia Raih Tiket ke Putaran Final Piala Dunia 2022

14 November 2021   08:25 Diperbarui: 14 November 2021   15:57 163 31 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kylian Mbappe cetak 4 gol ke gawang Kazakhstan (14/11) dan loloskan Perancis ke Piala Dunia 2022 (sumber  : kompas.com)

Dua tim elit Eropa, Perancis dan Belgia berhasil meraih tiket alias memastikan diri lolos ke Putaran Final Piala Dunia FIFA 2022 yang akan dilangsungkan di Qatar. Kepastian itu Perancis dan Belgia dapatkan setelah Minggu dini hari (14/11) keduanya berhasil mengalahkan lawan masing-masing dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia Zona UEFA.

Perancis yang tergabung di Grup D berhasil menghajar tim terlemah di grup itu, Kazakhstan dengan skor mencolok 8-0. Sementara Belgia yang tergabung di Grup E berhasil mengalahkan Estonia dengan skor 3-1.

Kemenangan besar Perancis atas Kazakhstan diperoleh melalui quattrick Kylian Mbappe (menit ke-6, ke-12, ke-32, dan ke-87), brace Karim Benzema (menit ke-55 dan ke-59), dan gol tunggal dari Adrien Rabiot (menit ke-75) dan Antoine Griezmann (menit ke-84).

Dengan kemenangan itu Perancis kini berada di posisi puncak Grup D dengan raihan poin 15, hasil dari 4 kali menang dan 3 kali seri. Walau pun di Grup D masih ada satu kali pertandingan lagi, raihan poin Perancis sudah tidak mungkin terkejar lagi oleh tim lain.

Sementara itu kemenangan Belgia atas Estonia diperoleh melalui gol cepat Christian Bentekke di menit ke-11, gol Yannick Carrascao di menit ke-53, dan gol Thorgan Hazard di  menit ke-74. Sedangkan satu-satunya gol balasan Estonia dicetak oleh Erik Sorga di menit ke-70.

Sama halnya dengan Perancis, dengan kemenangan itu Belgia kini berada di posisi puncak Grup E dengan raihan poin 19, hasil dari 6 kali menang dan satu kali seri. Satu pertandingan terakhir fase Grup E sudah tidak akan mempengaruhi lagi posisi Belgia di klasemen akhir.

Lolosnya Perancis dan Belgia ke Putaran Final Piala Dunia 2022 menyusul dua tim dari Zona UEFA yang sudah lebih dahulu memastikan lolos, yakni Jerman dan Denmark. Dengan demikian tim atau negara yang sudah lolos Putaran Final Piala Dunia 2022 dari Zona UEFA sudah  ada empat, yakni Jerman, Denmark, Perancis, dan Belgia.    

Secara keseluruhan, tim yang sudah memastikan lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2022 dari jalur kualifikasi ada 5 (lima) tim, yakni Jerman, Denmark, Perancis, Belgia, plus Brasil dari Zona Concacaf. Kalau ditambah dengan tuan rumah Qatar, tim yang sudah lolos alias mendapat tiket ke Putaran Final Piala Dunia 2022 berarti ada enam.

Kuota Piala Dunia 2022 sama halnya dengan Piala Dunia sebelumnya ada 32 tim. Jika dikurangi 6 tim yang sudah dapat tiket, berarti tersisa 26 tiket  lagi.

Minggu malam (14/11) dan Senin dini hari (15/11), akan ada beberapa negara Zona UEFA yang segera menyusul tim Zona UEFA lainnya yang sudah lebih dahulu mendapatkan tiket lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2022. Tim yang dimaksud adalah Rusia atau Kroasia, Spanyol atau Swedia, dan Portugal atau Serbia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan