Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Non-Partisan.

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Beberapa Tim Besar Terancam Tidak Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions UEFA

8 Desember 2020   21:04 Diperbarui: 11 Desember 2020   12:55 160 31 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beberapa Tim Besar Terancam Tidak Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions UEFA
Piala Liga Champions UEFA (bola.kompas.com)

Sampai saat ini ada sembilan tim yang sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions UEFA. Mereka adalah Chelsea (Inggris), Sevilla (Spanyol), Barcelona (Spanyol), Juventus (Italia), Bayern Munchen (Jerman), Manchester City (Inggris), FC Porto (Portugal), Liverpool (Inggris), dan Borussia Dortmund (Jerman). Berarti masih ada tujuh tim lagi yang harus menunggu sampai pertandingan terakhir fase grup untuk  memastikan lolos ke babak 16 besar. 

Chelsea, Sevilla, Barcelona, dan Juventus merupakan empat tim pertama yang menyegel tempat di babak 16 besar Liga Champions UEFA. Selanjutnya diikuti oleh Bayern Munchen, Manchester City, FC Porto, Liverpool, dan Borussia Dortmund.  

Tujuh tiket tersisa akan diperebutkan oleh tujuh tim dari lima grup. Sebab tiga grup,   yakni grup C, E, dan G sudah mengirimkan masing-masing dua wakilnya.

Grup C telah mengirimkan Manchester City dan FC Porto. Grup E telah mengirimkan Chelsea dan Sevilla. Sementara itu grup G telah mengirimkan Barcelona dan Juventus.

Grup A baru mengirimkan satu wakilnya, yakni Bayern Munchen. Satu tiket tersisa grup A akan diperebutkan oleh Atletico Madrid dan RB Salzburg. Dibandingkan RB Salzburg, Atletico Madrid lebih berpeluang mengambil satu tiket tersisa karena hanya  membutuhkan hasil seri saja melawan RB Salzburg.  

Grup B merupakan grup yang paling seru dan sengit. Sampai pertandingan ke-5 grup B belum bisa mengirimkan satu wakil pun ke babak 16 besar. Uniknya lagi empat tim yang tergabung di grup B, yakni Borussia Monchengladbach, Sakhtar Donesk, Real Madrid, dan Inter Milan semua masih berpeluang lolos ke 16 besar.

Nasib tim yang paling berprestasi dan berpengalaman di Liga Champions, yakni Real Madrid cukup miris. Real Madrid, untuk bisa lolos ke babak 16 besar tidak ada pilihan lain kecuali harus bisa mengalahkan Borussia Monchengladbach. Kalau tidak, Real Madrid harus mengucapakan good bye...

Nasib tim besar lain di grup B, yakni Inter Milan lebih kritis lagi. Inter malah berada di dasar klasemen grup B. Inter, untuk bisa lolos ke babak 16 besar mutlak harus menang atas Sakhtar Donesk.

Nasib Inter juga tergantung hasil lain. Kalau dalam pertandingan lain Real Madrid mampu mengalahkan Borussia Monchengladbach, Inter baru bisa lolos ke babak 16 besar.   

Grup D sama halnya dengan grup A baru mengirimkan satu wakilnya, yakni Liverpool. Satu tiket tersisa grup D akan diperebutkan oleh Atalanta dan Ajax Amsterdam. Atalanta lebih berpeluang daripada Ajax untuk lolos ke babak 16 besar, sebab hanya  membutuhkan hasil seri saja melawan Ajax.

Grup F juga baru mengirimkan satu wakilnya, yakni Borussia Dortmund. Satu tim lagi yang berpotensi menjadi wakil grup F, antara Lazio dan Club Brugge. Lazio relatif lebih  aman untuk lolos ke babak 16 besar karena cukup bermain seri ketika menghadapi Club Brugge.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN