Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Non-Partisan.

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Mencermati Perbedaan Pandangan Politik Mumtaz Rais dengan Saudaranya

8 Mei 2020   00:30 Diperbarui: 8 Mei 2020   08:51 332 14 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mencermati Perbedaan Pandangan Politik Mumtaz Rais dengan Saudaranya
lampung.tribunnews.com

Beberapa hari terakhir ini nama Mumtaz Rais ikut banyak disebut media pasca sang kakak, Hanafi Rais mundur dari posisinya sebagai wakil ketua umum di kepengurusan DPP PAN periode 2020-2025, sebagai ketua Fraksi PAN DPR RI, dan sebagai Anggota DPR RI. Pasalnya Mumtaz Rais tidak melakukan hal yang sama dengan sang kakak.

Sebaliknya, Mumtaz Rais justeru malah memberikan komentar cukup keras terhadap keputusan yang diambil oleh sang kakak. Mumtaz Rais menyebut sang kakak, Hanafi Rais baper dan tidak memiliki kedewasaan berpolitik.

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya mengapa antara kakak beradik,  Mumtaz Rais dan saudaranya Hanafi Rais memiliki perbedaan pandangan politk? Walau pun tentu saja pandangan politik antara sesama saudara tidak ada ketentuan harus sama.

Mumtaz Rais adalah anak ketiga dari pendiri PAN dan tokoh Reformasi, Amien Rais. Ia menikah dengan Futri Zulya Safitri, anak Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pada bulan Oktober 2011.  

Sewaktu Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara bulan Pebruari 2020 lalu, ada dua kubu besar yang mendukung masing-masing jagoannya dalam memperebutkan posisi ketua umum PAN. Yaitu kubu Mulfachri Harahap dan kubu Zulkifli Hasan,  mertua Mumtaz Rais.

Mulfachri Harahap didukung penuh oleh Amien Rais, ayah Mumtaz Rais. Termasuk sang kakak Hanafi Rais dan ketiga saudaranya yang lain, yakni Hanum Rais, Tasniem Rais, dan Baihaqy Rais berada di barisan Amien Rais.

Berbeda dengan keempat saudaranya, Mumtaz Rais justeru mendukung Zulkifli Hasan,  sang mertua. Mumtaz Rais berada di kubu yang berseberangan dengan saudara-saudaranya.

Padahal pada kongres sebelumnya, Zulkifli Hasan adalah jagoan Amien Rais sendiri. Tetapi dalam Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara bulan Pebruari 2020 lalu, Amien Rais tidak mendukung dan menjagokan lagi Zulkifli Hasan.

Sebagaimana diketahui bersama, dalam Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara itu Zulkifli Hasan terpilih kembali menjadi ketua umum PAN. Zulkifli Hasan berhasil mengalahkan pesaingnya, Mulfachri Harahap yang didukung oleh sang besan, Amien Rais.

Mengapa Amien Rais tidak mendukung kembali Zulkifli Hasan ? Padahal Zulkifli Hasan merupakan  besannya sendiri ?

Banyak beredar kabar bahwa ada perbedaan pandangan yang mendasar antara Amien Rais dan Zulkifli Hasan. Amien Rais, yang berjiwa idealis dan oposan, ingin PAN beroposisi bukan merapat ke pemerintah. Sedangkan Zulkifli Hasan memiliki pandangan sebaliknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x