Dalam penerapan kurikulum Merdeka,ada beberapa hal istimewa yang seakan menjadi bukti implementasi kurikulum tersebut walaupun sebenarnya kegiatan-kegiatan tersebut dalam kurikulum sebelumnya sebenarnya juga sudah dilaksanakan oleh sekolah maupun guru serta peserta didik dalam proses pembelajaran,kegiatan tersebut terkenal dengan "projek penguatan profil pelajar pancasila".
Ada 7 tema projek dalam kurikulum merdeka,yaitu sebagai berikut:
1. Gaya Hidup berkelanjutan
Kegiatan dalam tema projek ini dimulai dengan memahami dampak dari aktifitas manusia,baik jangka pendek/panjang terhadap       kelangsungan kehidupan didunia/lingkungan sekitar sehingga akan mendorong siswa untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan.dalam hal ini siswa dapat mempelajari kontribusi apa yang dapat mereka lakukan untuk menjaga lingkungan sekitar.
Tujuan penerapan projek penguatan ini adalah agar siswa dapat:
a. Mengembangkan kemampuan berfikir
b. Membangun kesadaran
c. Mempelajari potensi krisis berkelanjutan
isu yang dapat diambil dalam tema projek ini adalah keadaan alam/lingkungan didaerah masing-masing.
aktivitas yang dapat dilaksanakan misalkan sebagai berikut:
-Fase A(kelas 1-2 Sekolah Dasar) =memilah sampah berdasarkan jenisnya(sampah organik dan sampah anorganik)
-Fase D(SMP)=Murid mengembangkan purwa rupa dari sampah,misalkan membuat sampah organik menjadi kompos atau membuat tas belanja,mainan dari sampah anorganik
2. Kearifan Lokal
Tema projek ini sangat berkaitan dengan pelestarian alam dan lingkungan"go green",dongeng,lagu-lagu,pertanian,tarian,musik,resep makanan,mempelajari nilai dibalik tradisi lokal.
Tema projek ini bertujuan agar para siswa memiliki rasa ingin tahu dan memiliki kemampuan menggali informasi dan pengetahuan(kemampuan inkuiri).Tema kearifan lokal dapat dikembangkan sesuai dengan setiap fase tahapan perkembangan dan kekhasan setiap daerah tempat sekolah kita berada.
contoh:
-fase A(kelas 1-2 Sekolah Dasar)=pekan permainan tradisional atau pekan kuliner tradisional
-Fase B(kelas 3-4 Sekolah Dasar)=mengenal rumah tradisonal daerah nusantara
-Fase C(Kelas 5-6Sekolah Dasar)=meninjau langsung proses pembuatan kain/batik tradisional
-Fase D(SMP)=mempelajari resep masakan khas daerah atau mempelajari seni bela diri daerah
3. Bhineka Tunggal Ika
Tema projek ini bertujuan memperkenalkan dan membangun dialog penuh hormat mengenai keberagaman indonesia serta memperkenalkan nilai-nilai ajaran yang dianut kepada siswa agar mereka dapat:
a. Mempelajari berbagai perspektif berbagai budaya
b. Kritis dan reflektif dalam menelaah masalah
c. Mengenal dan mempromosikan berbagai budaya nusantara
Isu yang dapat diambil dalam penerapan tema projek ini adalah:
Fase D(SMP)=Menciptakan lagu-lagu bertema keberagaman,festival budaya nusantara.
4. Bangunlah Jiwa dan Raganya
Tema projek ini bertujuan untuk:
1. meneliti,mendiskusikan masalah-masalah terkait kesejahteraan diri(wellbeing) serta mengkaji fenomena perundungan(Bullying) yang terjadi dilingkungan mereka baik dikehidupan nyata ataupun dunia maya serta mencari jalan keluarnya.
2. Menelaah masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental termasuk isu narkoba,pornografi dan kesehatan reproduksi.
Isu yang dapat diambil dalam penerapan tema projek ini adalah sebagai berikut:
-Narkoba
-Seks bebas
-Bullying/perundungan
-Pornografi
Bentuk penerapannya pada siswa Fase D(SMP)=Mengadakan sosialisasi tentang isu-isu tersebut,baik dengan mengundang nara sumber yang menguasai hal-hal tersebut ataupun dengan membuat poster-poster berkaitan dengan isu-isu diatas.
5. Suara Demokrasi
Tujuan penerapan tema projek ini adalah untuk memberikan gambaran  dalam diri siswa tentang sistem demokrasi maupun pemerintahan yang dilaksanakan dinegeri kita tercinta.sehingga hal tersebut mendorong siswa dapat merefleksikan definisi dan esensi dari demokrasi dan dapat mempraktikan demokrasi sejak dini.
Contoh penerapan suara demokrasi pada siswa Fase D(SMP)=menentukan tata tertib kelas,mengikuti organisasi siswa(kelas/osis),Mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler
6. Berekayasa dan bertekhnologi untuk membangun NKRI
Tujuan penerapan Tema projek ini adalah sesuai dengan tujuan dari tekhnologi itu sendiri yaitu untuk memudahkan kegiatan manusia.dalam hal ini siswa diharapkan mampu memanfaatkan tekhnologi sederhana untuk menghasilkan produk-produk yang bermanfaat untuk kehidupan manusia.
Isu yang dapat diambil misalkan,design transport dimasa yang akan datang yang dapat digunakan oleh warga sekitar
7. Kewirausahaan
Tema projek ini bertujuan untuk:
a. mengidetifikasi potensi ekonomi
b. Masalah yang ada dalam pengembanagan potensi ekonomi tersebut
c. Dampak pada aspek lingkungan,sosial dan kesejahteraan masyarakat
Hal tersebut diatas dapat menyebabkan siswa mampu:
a. merancang strategi untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal dalam kerangka pembangunan berkelanjutan
b. Terlibat dalam  kegiatan ekonomi rumah tangga,berkreasi untuk menghasilkan karya bernilai jual
c. Menimbulkan dan meningkatkan kreativitas dan budaya kewirausahaan
isu yang dapat diambil adalah tentang:
-Kuliner
-pertanian
-hasil kerajinan tangan,dll
Hal yang dapat dilaksanakan adalah:
-Fase A(kelas 1-2 sekolah dasar)=melaksanakan aktifitas sederhana mengenai kekhasan kuliner indonesia
-Fase B(kelas 3-4Sekolah Dasar)=Kegiatan pemungutan dana melalui kegiatan seni acara amal dengan penjualan kuliner
-Fase C(kelas 5-6 Sekolah dasar)=Panduan pengelola keuangan dalam sebuah kegiatan)
-Fase D(SMP)=membuat produk olahan makanan dari hasil bumi olahan makanan dari hasil bumi daerah dan memasarkannya
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H