Mohon tunggu...
wisnu widodo
wisnu widodo Mohon Tunggu... Mahasiswa - wisnu widodo_mahasiswa universitas siber asia

selalu berusaha

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Pemimpin dalam Konflik Suatu Organisasi Perusahaan

27 Juli 2021   01:55 Diperbarui: 27 Juli 2021   02:04 24 2 0 Mohon Tunggu...

Konflik dalam suatu perusahaan mungkin sudah tidak bisa dihindarkan. Bisa dikatakan tidak wajar jika dalam sebuah perusahaan yang didalam nya terdapat sebuah organisasi yang terdiri dari banyak orang yang mempunyai pemikiran-pemikiran yang berbeda. Apalagi jika perusahaan itu sangat besar,orang yang ada didalam struktur organisasi nya pun semakin banyak,dan konflik-konfik sangat rentan terjadi.

Perusahaan pun berusaha untuk meminimalkan konfik-konflik didalam organisasinya tersebut. Dengan menerapkan conflict management yang tepat perusahaan yakin konflik-konflik yang terjadi akan meminimakan dampak dari konflik itu sendiri bahkan malah tidak sampai terjadi konflik.

Dalam sebuah perusahaan pemimpin sangat vital peran nya untuk menjalankan kelancaran perusahaan nya. Pemimpin akan selalu mengarahkan agar tujuan-tujuan dari organisasi perusahaan nya dapat tercapai dengan baik. Sehingga seorang pemimpin harus membuat organisasinya merasa nyaman dan perlakuan nya adil kepada semua anggota organisasinya. Sehingga mengurangi gesekan-gesekan atau kecemburuan sosial. 

Bagaimana jika terjadi masalah didalam organisasi ny berupa konflik-konflik yang menimbulkan kurang nyaman nya suasana pekerjaan? Itu yang perlu disiapkan dengan cermat ,seorang pemimpin harus punya jurus jitu untuk segera menyelesaikan masalah atas konflik-konflik di organisasinya. Pemimpin harus menyiapkan conflict management yang sudah teruji mengatasi konflik-konfik yang mudah sampai yang sulit. Dari pencegahan sampai penyelesain yang efisien. Tujuan dari conflict management itu sendiri diantaranya dapat mencegah dan menghindari terjadinya konflik,mengurangi dampak resiko yang diakibatkan oleh adanya konflik, serta dapat menyelesaikan konflik dalam waktu yang sesingkat mungkin.

Jika tidak ada conflict management yang jitu akan sangat merugikan ,karena dapat menimbulkan lingkungan organisasi didalam pekerjaan yang kurang kondusif,juga akan mengganggu teamwork atau kerja tim karena terhambatnya hubungan kerja diorganisasinya. Belum lagi tujuan utama dari organisasi itu sendiri akan sangat sulit untuk mencapainya. Lingkup konflik itu sendiri ada anatar individu,antar departemen,Contoh Conflict management antar individu, pemimpin memanggil kedua pihak yang berkonflik dan dicari penyebabnya. Apakah itu karena ada nya perbedaan kepentingan ,perbedaan pemahaman, perbedaan cara pandang,atau bahkan perbedaan peraturan yang dianut. Setalah jelas penyebabnya pemimpin dapat mengambil keputusan yang tepat sehingga konflik terselesaikan dengan cepat.

Sebuah organisasi perusahaan sangat tergantung dari pemimpinnya. Dari kelangsungan berjalannya perusahaan itu sendiri sampai mencapai tujuan atau target. Juga masalah-masalah di dalam organisasinya dari konflik-konflik kecil sampai yang besar sangat yang harus dipersiapkan oleh pemimpin dalam conflict management yang tepat sehingga semua tujaun organisasi dapat tercapai dengan memuaskan.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN