Mohon tunggu...
Wiranota Hesti
Wiranota Hesti Mohon Tunggu... -

hesti wiranota and family

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Peranku bagi Indonesia

31 Agustus 2014   01:33 Diperbarui: 18 Juni 2015   02:03 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Peranku Bagi Indonesia

Pemuda adalah generasi penerus bangsa, pemberi kebijakan dimasa depan. Karena pemimpin-pemimpin yang saat ini akan digantikakn olehnya. Sebagai salah satu pemuda, saya selalu berusaha memberikan apa yang saya punya saat ini. Saat masih duduk di bangku SD, saya tidak hanya belajar di kelas namun saya juga gemar mengikuti kompetisi, seperti menjadi atlet voli antar sekolah, hingga perjalanan karir pendidikan ini membawa saya duduk di bangku SMP. Di bangku SMP ini sungguh tragedi pasiv buat saya, saya hanya belajar tanpa pernah mengikuti kompetisi apapun. Setelah belajar di SMP saya tempuh selama 3th dan saya mulai mempersiapkan diri masuk ke SMA. Disinilah saya mulai berfikir keras bahwa saya harus berubah ketika saya menjadi siswi SMA, harus memiliki prestasi yang bisa membanggakan sekolah saya nanti, itulah yang terfikir di benak saya saat itu.

Alhamdulillah niat yang baik itupun terwujud. Mulai kelas x, saya sudah mencoba ikut lomba tingkat kabupaten, seperti english debating competition, dan berlanjut hingga kelas X11, selain english debating competition, saya juga mengikuti lomba speech hingga ke tingkat provinsi. Dan lomba- lomba lainnya yang pernah saya ikuti semasa SMA. Dari sini, saya semakin percaya diri untuk tetap semangat belajar dan berfikir ke depan. Hingga saat ini saya tengah duduk di bangku kuliah, pengalaman diri pun mulai berubah lagi, selain belajar, saya juga aktiv di banyak organisasi dan untuk cerita kompetisi lomba belum ada yang bisa saya ceritakan banyak. Namun saya berharap, semoga cita-cita mulia di hati ini turut Allah ridhoi.

Dengan berbagai pengalaman dan umur yang bertambah, saya mulai berfikir konstribusi apa yang akan saya berikan untuk negeri tercinta. Saat ini saya seorang mahasiswi FKIP, maka untuk ke depannya saya akan mengabdi di bidang pendidikan dan kebudayaan yang akan saya ajarkan untuk anak-anak didik saya nanti. Namun bagiku, seorang mahasiswi jurusan pendidikan bahasa inggris, belumlah cukup hanya studi di Indonesia, ingin rasanya diri ini menempuh pendidikan di negeri seberang atau tinggal untuk sementara waktu disana agar penglaman hidup di luar negeri serta ilmu pendidikan dan kebudayaan disana dapat saya sampaikan pada murid-murid yang belajar bahasa inggris pada saya nanti.

Di kurikulum 2013 ini, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan di universitasa saya memiliki program baru, yaitu menjadikan mahasiswa dan mahasiswi FKIP menjadi seorang guru yang profesional. Dengan mengikutimata kuliah Internship 1 di semester 2, alhamdulillah mata kuliah internship 1 telah saya ikuti, selain itu saya juga pernah mengajar privat bahasa inggris di desa saat sebelum masuk kuliah. Dan untuk saat ini saya sedang mencoba kegiatan menulis di waktu luang agar waktu yang disediakan Tuhan ini bisa lebih saya manfaatkan, selain belajar di kampus dan kegiatan di organisasi.

Dengan menjadis seorang pendidik, saya harap saya bisa menjadi salah satu pemudi yang turut menyukseskan pendidikan di Indonesia. Saya ingin menularkan ilmu ini pada anak-anak negeri yang belum mengenyam pendidikan dengan baik, dimanapun mereka tinggal. Merupakan suatu alasan yang pasti bahwa setiap peserta didik berhak untuk mendapatkan ilmu seperti anak-anak yang tinggal di kota, mendapatkan fasilitas memadai, ruang belajar yang layak sehingga mereka bisa merasakan kenyaman belajar. Untuk itu, dimanapun saya bekerja nanti, baik menjadi staff bagian KEMENDIKBUD ataupun pengajar , saya ingin turut serta terjun ke lapangan langsung dan turut menularkan ilmu ini. Semoga Allah memudahkan niat baik ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun