Mohon tunggu...
Winne NurHanifah
Winne NurHanifah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

always be happy everyone!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penguatan Pembelajaran Daring pada Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar di SDN 064 Padasuka

27 Juli 2021   09:05 Diperbarui: 27 Juli 2021   09:19 43 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penguatan Pembelajaran Daring pada Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar di SDN 064 Padasuka
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seluruh penjuru dunia saat ini sedang dilanda pandemi coronavirus, tidak terkecuali Indonesia. Coronavirus itu sendiri adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Adanya virus Covid-19 di Indonesia saat ini berdampak bagi seluruh masyarakat. Dampak virus Covid-19 terjadi diberbagai bidang salah satunya pendidikan. Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan pemerintah pada 18 Maret 2020 segala kegiatan didalam dan diluar ruangan di semua sektor sementara waktu ditunda demi mengurangi penyebaran corona terutama pada bidang pendidikan.

Himbauan dari Pemerintah sesuai dengan protokol kesehatan tentang prosedur pencegahan penyebaran virus Covid-19 semua kegiatan sekolah harus ditiadakan dan anak-anak belajar dari rumah dan semua guru harus bekerja dari rumah. Dengan penerapan Work From Home (WFH) maka semua pihak harus mematuhi aturan yang diberikan. Dengan adanya himbauan ini , guru agar tetap memantau dan memberikan kegiatan kepada murid melalui pembelajaran dalam jaringan (daring). 

Sebuah tantangan baru bagi guru Pendidikan Anak Usia dini, yang selama ini belum pernah menggunakan penerapan pembelajaran dalam jaringan untuk kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya WFH pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan guru tetap bisa memantau perkembangan dan kegiatan anak di rumah , dan terus berinteraksi dengan anak dan orang tua.

Diberlakukannya libur sekolah dimasa pandemi virus Covid-19 mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai Perguruan Tinggi maka setiap satuan pendidikan menerapkan pembelajaran jarak jauh demi menjaga dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. 

Semua kebiasaan berubah, begitu juga dengan pembelajaran-pembelajaran yang harus diterapkan dan tentunya harus tetap berjalan agar anak-anak sekolah tetap bisa belajar dan meningkatkan kemampuan akademiknya. 

Semua anak yang bersekolah punya hak yang sama untuk tetap menerima kegiatankegiatan pembelajaran yang diberikan oleh guru. Jenjang Sekolah Dasar (SD) pun dimasa pandemi darurat virus Covid-19 memungkinkan sekali untuk tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya Teknologi yang semakin canggih, guru-guru yang pintar IT dan orang tua yang semakin mengikuti perkembangan IT.

Dengan hal tersebut perlu adanya Penguatan Pembelajaran Daring Pada Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar di SDN 064 Padasuka, agar guru maupun siswa dan orang tua siswa lebih mengenali pembelajaran daring, selain itu pengenalan media pembelajaran secara daring pun harus dilakukan kepada seluruh guru muapun siswa dan orang tua siswa seperti pengenalan media pembelajaran menggunakan Google Meet maupun Zoom Meeting agar para guru maupun siswa dan orang tua siswa tidak kesulitan pada saat pembelajaran daring berlangsung.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN