Mohon tunggu...
Windu Hernowo
Windu Hernowo Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Post stroke Survivor retired from QHSE Manager at Schlumberger. Modern Safety Management Consultant http://hernowo1.wordpress.com/. Actively involved in Yayasan Stroke Indonesia and co-founder of LSM-Himpunan Peduli Stroke. Now doing experiments and writting novel =>http://fathirmuqodas.wordpress.com Pemerhati masalah sosial, ekonomi da politik diluar olah raga dan manajemen

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Energi Angin - 2

15 Desember 2015   21:10 Diperbarui: 15 Desember 2015   21:40 291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Melanjutkan Energi angin pada tulisan sebelumnya di sini , tulisan berikut untuk lebih banyak mengenal dan memahami Energi Angin.


[caption caption="sumber: Wind Energy"]

Angin disebabkan oleh pemanasan yang tidak merata atmosfer oleh matahari, kekasaran permukaan bumi dan rotasi bumi. Pola aliran angin diubah oleh topografi tanah, air dan tanaman. Turbin angin modern menggunakan aliran ini udara untuk menghasilkan listrik. Manusia menggunakan aliran angin ini untuk berbagai keperluan misalnya: pembangkit listrik, pengeringan pakaian, berlayar.

 Energi angin saat ini adalah terbersih dan paling dapat diandalkan untuk menghasilkan listrik. Tenaga angin tidak menghasilkan apapun emisi beracun maupun emisi yang memerangkap panas yang berkontribusi terhadap pemanasan global.

Fakta bahwa energi angin yang paling banyak tersedia, berlimpah dan sumber daya yang semakin kompetitif biaya energi, membuatnya menjadi alternatif untuk bahan bakar fosil yang merugikan kesehatan kita dan mengancam lingkungan.

Seberapa cepat angin bertiup, seberapa sering dan kapan memiliki peran penting untuk bermain dalam biaya pembangkit listrik. Output daya turbin angin meningkat sebagai kubus kecepatan angin.

Dengan kata lain, jika kecepatan ganda angin, produksi listrik meningkat sekitar delapan kali. Dengan demikian, angin dengan kecepatan tinggi yang lebih murah dan lebih mudah untuk menangkap.

Tenaga angin jangka menggambarkan proses dimana angin digunakan untuk membuat energi mekanik atau listrik. Turbin angin mengubah energi kinetik energi angin menjadi energi mekanik.

Tenaga mesin ini dapat digunakan untuk kegiatan tertentu (seperti penggilingan beras atau air memompa) atau generator dapat mengubah energi mekanik menjadi energi listrik di rumah, bisnis, sekolah dan fasilitas lainnya.

 

Melanjutkan tulisan sebelumnya tentang Energi Angin, 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun