Mohon tunggu...
Windia Fitri Sukma
Windia Fitri Sukma Mohon Tunggu... 🥀Faqir_ilmu✨

kerjakan dengan hati ikhlas dan niat karenanya. Bismillahirrahmanirrahim. . .

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kenali Minat dan Bakat Terpendam pada Diri Anak (Jangan Buang Potensinya!)

2 Desember 2020   20:04 Diperbarui: 2 Desember 2020   20:20 17 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenali Minat dan Bakat Terpendam pada Diri Anak (Jangan Buang Potensinya!)
instagram.com/ghinabastiana

"Anak-anak belajar caranya tersenyum dari orang tua mereka. Bagaimanapun keadaannya, mereka adalah mutiara hati yang diberikan langsung oleh Tuhan."

sesuatu yang melekat bahkan bisa dibawa sejak lahir sedangkan minat adalah, motivasi yang hadir dalam diri individu untuk mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki.Anak ada anugerah yang indah diberikan oleh Tuhan untuk orang tua agar ia jaga.

Dalam hal ini orang tua berhak memberikan suport untuk anak agar anak berkembang dengan baik.Anak akan berkembang seiring waktu ia bertambah usia saat ia dewasa ia akan merasakan keberhasilan dengan usaha ia sendiri.Dalam hal ini banyak sekali yang harus anak lakukan sejak dini tinggal orang tua saja yang mengasah bakat anak tersebut.

Dalam hal ini tergantung bakat dan minat yang dimiliki anak untuk meraih impiannya. Banyak orang tua yang mengira kedua hal tersebut sama tetapi bahwa kedua nya memiliki yang berbeda Lo.

Apa sih beda nya bakat sama minat???

bakat itu sama dengan talenta yang artinya ialah suatu kemampuan yang ada pada seseorang sedangkan minat itu keingingin atau hasrat seseorang untuk menguasai atau memiliki suatu hal. bakat itu kemampuan sedangkankan minat itu keingingan yang timbul dari hati dan pikrian.

 Banyak orang tua mengira itu hak yang sama padahal berbeda . Dua hal itu sangat lah berbeda muncul pada diri anak . Bakat akan muncul saat ia sejak kecil yang dilihat dengan talenta nya saat ia berumur 4 tahun yang sudah mengeluarkan keaktifan yang baik. Berkembang nya waktu anak akan memiliki minat yang sangat baik bagus untuk membangun dapat membantu mengembangkan bakatnya.

 Allah menciptakan sebuah bakat pada anak bukan hanya sekedar dipendam tapi untuk dikembangkan . Orang tua wajib untuk melihat dan mengasah kemampuan anak tersebut. Orang tua harus Memahami apa konsep yang harus dilakukan agar anak bisa berkembang dengan baik dilingkungan ia bertumbuh . Bukan hanya berdiam diri tapi juga harus bereksprolasi bakat tersebut.

Sehubungan dengan cara berfungsinya, ada 2 jenis bakat, yaitu:
1. Kemampuan pada bidang khusus yaitu anak memiliki bakat Dari berasal dari hobinya seperti melukis,menyanyi dan lain lain.
2. Bakat khusus yang dibutuhkan sebagai perantara untuk merealisir kemampuan khusus dalam ini yang dimaksud yaitu dibutuhkan untuk merealisasi kemampuan ia akan melihat sejauh mana akan berusaha.Anak tidak akan merasa lelah untuk terus berjuang untuk meraih apa yang ia lihat dan ia inginkan.

Bukan sekedar bakat saja tapi minat juga harus berhubungan yaitu dalam hal ini ada tiga aspek yang dimiliki oleh anak yakni :

1.Aspek Kognitif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN