Mohon tunggu...
Windia Fitri Sukma Octavia
Windia Fitri Sukma Octavia Mohon Tunggu... Bismillah
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

dicipta untuk kita mengerti, Kehidupan bukan hanya untuk satu rasa saja, Tapi ia warnakan dengan berbagai perasaan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Jangan buang potensi mu kembangkan yakni belajar!!

18 Oktober 2020   17:24 Diperbarui: 18 Oktober 2020   17:27 14 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan buang potensi mu kembangkan yakni belajar!!
screenshot-2020-10-18-15-20-28-16-5f8c18568ede481d274396e2.jpg

   "Bersama  ilmu tempuhlah jalan yang telah ditempuh oleh ilmu...Dan tentangnya, belajarlah dari setiap orang yang memiliki pemahaman"

Everything connecting ada timbal balik setiap aksi yang kau lakukan , gak berarti kita melakukan memang sesuatu timbal balik juga akhirnya, sekecil apapun perbuatan yang dilakukan ada suatu hal yang didapatkan. Apa yang kamu lakukan didunia ini akan berbalik kepadamu nantinya.hal ini berdampak pada diri sendiri baik atau tidak nya orang tersebut melakukan kegiatan sesukanya baik secara langsung atau tidak langsung, semua dari diri kamu pasti ada keinginan kau membuat dunia ini menjadi lebih baik.terus sebenarnya tugas siapa sih yang menciptakan dunia menjadi baik?? Jawabannya diri kamu sendiri, seseorang harus sadar bahwa ia sebenarnya punya tanggung jawab untuk berbuat baik. Sebagai manusia yang diberi kelebihan kita memang sebaiknya bisa memanfaatkan kelebihan tersebut, kamu bisa pakai kelebihan yang kau punyak untuk membantu orang lain dengan kemampuan bakat kamu miliki itu yang akan bisa membatu orang lain . Jika kamu membatu orang lain itu sangat bermanfaat untuk diri sendiri karena secara naruni manusia akan berusaha untuk membalas kebaikan yang kita punyak. Dunia akan berubah jika kita melakukannya beda kalau diri seseorang hanya diam tanpa berfikir dan bekerja keras , suatu yang didapatkan akan mudah hanya bisa dengan belajar. seseorang bisa belajar mencari sebuah pengalaman dari kemampuan diri sendiri tanpa paksaan orang lain . Dalam hal ini ada dua jenis aliran belajar yang cocok bagi kita untuk mengetahui yang tidak tahu menjadi tahu. Ini sebuah teori aliran yang sangat bermanfaat untuk kita dan masa depan yaitu :

**aliran humanis 

Yaitu proses memanusiakan manusia, dimana seorang individu diharapkan dapat mengaktualisasikan diri artinya manusia dapat menggali kemampuannya sendiri untuk diterapkan dalam lingkungan. Seseorang  berperan sebagai subjek didik, lebih menonjolkan kebebasan setiap individu  dalam memahami materi pembelajaran untuk memperoleh informasi/pengetahuan baru dengan caranya sendiri, selama proses pembelajaran. Ciri khas dari aliran teori ini Pendekatan  berfokus kepada  potensi manusia untuk  menemukan kemampuan yang mereka punya dan mengembangkan kemampuan tersebut. Hal ini dapat mencakup bakat interpersonal sosial dan metode untuk pengembangan diri yang ditujukan untuk memperkaya diri, menikmati keberadaan hidup dan juga masyarakat. Ketrampilan atau kemampuan membangun diri hal  positif ini menjadi sangat penting dalam pendidikan karena keterkaitannya dengan keberhasilan akademik.

setiap teori pun memiliki beberapa ahli yang berperan di baliknya. Seperti teori belajar humanistik yang terkenal dengan pendapat dan pandangan yaitu salah satunya yakni : 

*Arthur Combs

Memiliki pendapat bahwa belajar merupakan hal yang bisa terjadi tatkala bagi seseorang ada artinya. Guru tidak bisa memaksa seseorang untuk mempelajari hal yang tidak disukai atau dianggap tidak relevan. Ketika muncul perlawanan, hal itu sebenarnya merupakan bentuk perilaku buruk yang mencerminkan ketidakmauan seseorang untuk mempelajari hal yang bukan minatnya, karena sama saja dengan melakukan sesuatu yang baginya tidak mendatangkan kepuasan.

*Abraham Maslow

Memiliki pandangan yang berbeda terkait dengan teori belajar humanistik ini. Maslow berpendapat bahwa proses belajar pada manusia merupakan proses yang dilaluinya untuk mengaktualisasikan dirinya. proses untuk mengerti sekaligus memahami siapa diri kita sendiri, bagaimana kita menjadi diri kita sendiri, sampai potensi apa yang ada pada diri kita untuk kita kembangkan ke arah tertentu.

* Carl Rogers

Baginya, pengalaman sendiri  merupakan fenomena logika pernah  dialami oleh  itu sendiri, juga berpendapat bahwa setiap manusia memiliki kecenderungan untuk mencapai kesempurnaan hidup, membentuk konsep hidup yang unik, dan tingkah lakunya selaras dengan konsep kehidupan yang dimilikinya. pembelajaran terjadi melalui fenomena hidup atau pengalaman yang dialami setiap orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x