Mohon tunggu...
Winda Hendrianingsih
Winda Hendrianingsih Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

bermain tertawa tumbuh

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cara Mengolah dan Mengevaluasi Sebuah Konten

15 Juli 2021   09:05 Diperbarui: 15 Juli 2021   09:16 681
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hallo semuanya saya Winda Hendrianingsih mahasiswa universitas Ahmad Dahlan.
Disini saya akan berbagi pengalaman tentang mengelola dan mengevaluasi sebuah konten.

Konten adalah hal terpenting dalam pemasaran di media sosial. Ada banyak hal yang menunggu untuk dicari, ditemukan, dan digunakan kembali dalam mempelajari tentang konten di media sosial.
Secara bahasa, konten (content) adalah isi, muatan, kandungan. Istilah ini digunakan dan populer di era internet untuk merujuk pada isi situs web atau halaman di internet.

Dari istilah konten, muncul pula konsep-konsep atau istilah berikut ini:
Penulisan konten (content writing)
Penulis konten (content writer)
Editor konten (content editor)
Pemasaran konten (content marketing)
Penempatan konten (content placement).
Sistem Manajemen Konten (Content Management System/CMS).
Jaringan Pengiriman Konten (Content Delivery Network)
Konten Buatan Pengguna (User Generated Content)

Dalam Business Dictionary, konten memiliki arti :
1.Teks dari dokumen atau publikasi dalam bentuk apa pun. Konten adalah informasi dan komunikasi: jumlah total dari kesegaran, keterbacaan, relevansi, dan kegunaan informasi yang disajikan, dan cara penyajiannya.
2.Esensi dari pesan atau wacana yang dikomunikasikan, sebagaimana dipahami atau diterima oleh audiens yang dituju.
Lem 'yang membuat situs web' lengket 'membuat pengunjung kembali, dan membuat mereka tidak pergi.

konten adalah berbagai macam format dan informasi yang tersaji melalui media, khususnya media baru, berupa berupa tulisan, gambar, suara (audio), atau video.

konten media
Konten media (media content) adalah berbagai jenis atau format konten atau isi yang ada pada berbagai media komunikasi.
konten media merupakan berbagai segala bentuk konten atau isi dalam sebuah media di dunia teknologi yang ada pada saat ini seperti blog, wiki, forum diskusi, chatting, tweet, podcasting, pin, gambar digital, video, file audio, iklan hingga berbagai bentuk konten media lainnya yang terbentuk melalui buatan para pengguna sistem atau layanan online yang seringkali dilakukan lewat sebuah situs media sosial.

Konten-konten tersebut dalam sebuah media ditandai dengan lahirnya produksi penerbitan web dan konten media baru.
Jenis-jenis konten :
Teks
Teks yaitu konten berupa tulisan yang berisi ulasan, kajian, analisis, deskripsi, definisi, pengertian.
Gambar
Ada ungkapan satu gambar bernilai 1000 kata. Di instagram popular karena mewajibkan status update beruoa foto dan video. Konten gambar paling disukai oleh pengguna media sosial.
Meme
Meme adalah gambar lucu berisi sindiran atau kritik. Meme sangat popular di kalangan pengguna internet yang lebih muda. Meme sering berupa video dan gamar dengan teks lucu yang biasanya menjadi viral.
Video
Video cenderung berdurasi beberapa menit, memungkinkan penjelasan singkat tentang apapun yang ingin dijelaskan oleh videographer. Ini biisa berdasarkan humor atau pembelajaran, dan sangat bagus dinikmati semua orang.
Podcast
Podcast biasanya tersedia dalam seri tempat anda dapat berlangganan, mereka adalah file audio yang tersedia untuk didengarkan.
Indografik
Indografik adalah representasi visual informasi, data atau ilmu pengetahuan secara grafis. Grafik ini memeprlihatkan informasi rumit dengan singkat padat dan jelas, seperti pada papan, peta, jurnalisme, penulisan teks, dan pendidikan
Tautan
Link adalah cara yang dapat diakses bagi pembaca untuk menjangkau situs/blog lain yang anda sukai atau rekomendasikan.
Game
Setiap orang memiliki kesempatan untuk mengalami ini. Game online tersedia di pencarian google sederhana dan bahkan di facebook.
QR Code
QR Code (Quick Response Code) adalah barcode dua dimensi yang dapat menyimpan data. Kode QR dapat dipindai pada ponsel anda untuk memunculkan penawaran atau tautan ke produk/situs web.
Jenis-jenis konten yang paling banyak diminati:
Hiburan (Entertainment)
Liburan/Traveling
Video viral
Meme
Inspirasi
Motivasi
Gambar indah
Quotes
Kisah menyentuh
Tips & trik
Video tutorial
Polling
Saya adalah salah satu pembuat konten di instagram, ya saya lebih aktif di instagram daripada platform lainnya. Di instagram saya biasanya men share keseharian saya, ketika saya liburan dan berbagai macam lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun