Mohon tunggu...
Wilson Gozalie
Wilson Gozalie Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Selanjutnya

Tutup

Money

Customer Co-Creation sebagai Pengembangan Produk di Indonesia

30 Mei 2022   05:04 Diperbarui: 30 Mei 2022   05:07 1077
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Customer Co-Creation sebagai Pengembangan Produk di Indonesia - Wilson Gozalie/115190330

Pada saat ini, mayoritas perusahaan atau organisasi di Indonesia mengalami tantangan perubahan zaman dan lingkungan, sehingga mengharuskan perusahaan dan organisasi di Indonesia yang berasal dari dalam negeri atau yang berasal dari luar negeri untuk beradaptasi agar mereka dapat bertahan. 

Banyak perubahaan yang terjadi oleh faktor eksternal perusahaan seperti berkembangnya internet, transportasi, dan terjadinya globalisasi atau meningkatnya persaingan antar sesama perusahaan dan organisasi di Indonesia membuat perusahaan mengubah proses inovasi secara internal menjadi inovasi melalui eksternal dan terbuka yang melibatkan kontribusi konsumen yang lebih aktif terhadap pengembangan produk baru. Menurut (Costa and Coelho do vale, 2018), Pengembangan produk baru merupakan proses sistematis dimana ide yang sudah dipikirkan lalu diubah menjadi suatu produk. 

Menurut Kotler dan Keller (2018) mengatakan bahwa tujuan pengembangan produk adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan juga menjaga reputasi perusahaan serta mempertahankan daya saing terhadap kompetitornya. Menurut (Charlotte et al., 2016), Banyak perusahaan yang menerapkan bisnis kreatif dengan melihat perspektif dan praktik baru dengan mengembangkan budaya kreatif baru. Pelanggan atau konsumen terlibat langsung dalam proses pengembangan produk, pengembangan inovasi layanan atau model bisnis yang innovatif sebagai bagian dari proses inovasi. 

Menurut (Hoyer et al.,2015), masuknya konsumen dalam New Product Development menjadi tren bagi banyak organisasi, yang disebut sebagai "Kreasi bersama konsumen". Menurut (Piller et al.,2015), Kreasi bersama konsumen mendefinisikan aktif, kreatif dan proses kolaborasi sosial antara produsen dan konsumen, difasilitasi oleh perusahaan. Kreasi bersama konsumen atau pelanggan merupakan suatu bentuk dari Customer Co-creation yaitu proses inovasi terbuka melalui konsumen atau pelanggan. 

Customer co-creation sebagai pengembangan produk di Indonesia berpeluang untuk memberikan perkembangan produk bagi perusahaan di Indonesia dan meningkatkan kepuasan konsumen, melalui kerjasama atau kolaborasi dengan konsumen. 

Perusahaan dapat menciptakan inovasi produk baru, dengan mengumpulkan opini dan ide dari pelanggan dari wadah tertentu yang kemudian dilakukan evaluasi untuk menemukan kekurangan, kelebihan, serta peluang perkembangan ide tersebut. Menurut Geise (2017), perusahaan dengan strategi inovasi terbuka memandang konsumen sebagai Manajemen Rekayasa dalam Produksi dan Layanan sumber daya yang berharga untuk ide-ide produk baru.

Sumber

Melakukan kolaborasi dengan organisasi atau perusahaan lain untuk menciptakan inovasi produk baru merupakan hal yang biasa terjadi dalam dunia bisnis di Indonesia. Strategi bisnis yang memiliki tujuan untuk menggabungkan ide dan pemikiran dari organisasi atau kelompok eksternal perusahaan juga diperlukan dalam mengembangkan produk atau menciptakan inovasi baru. 

Dalam hal ini, customer co-creation atau disebut sebagai kreasi bersama pelanggan dapat menjadi pilihan cerdas yang bisa digunakan sebagai strategi bisnis untuk mengembangkan produk dan menciptakan inovasi dengan cara menggabungkan ide dan gagasan maupun permintaan dari pelanggan. Menurut Ramaswamy & Ozcan (2014) Kolaborasi dengan stakeholders tidak hanya menghasilkan value tetapi juga melibatkan banyak pelanggan dalam memberikan masukan terhadap produk tersebut. kolaborasi dalam konsep bisnis merupakan mekanisme terbaik kerjasama antar organisasi, jika organisasi ingin memperoleh apa yang menjadi tujuannya.

Seiring perkembangannya, banyak perusahaan di Indonesia yang berasal dari dalam negeri atau yang berasal dari luar negeri melibatkan pelanggannya di Indonesia dalam proses pengembangan produk dan menciptakan inovasi produk. Strategi customer co-creation memberikan ruang bagi pelanggan untuk berpartisipasi dalam memberikan ide, mengembangkan produk, serta memberikan evaluasi atau nilai terhadap produk. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun