Mohon tunggu...
Muhammad Wildhan Pamungkas
Muhammad Wildhan Pamungkas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis di masa depan

Mahasiswa baru lulus yang akan segera wisuda.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman PKL di Perusahaan Percetakaan

16 Juli 2022   22:46 Diperbarui: 16 Juli 2022   22:58 9238
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diri sendiri yang sedang Praktik Kerja Lapangan. Dokumentasi Pribadi

PKL adalah singkatan dari Praktik Kerja Lapangan yang biasanya menjadi salah satu kegiatan wajib yang dilakukan oleh siswa-siswi SMK, mahasiswa hingga karyawan baru untuk mendapatkan manfaat PKL.

PKL merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri. Adapun nama lainnya adalah Prakerin yang merupakan singkatan dari Praktik Kerja Industri. Kegiatan ini juga banyak yang menyebut sebagai kegiatan magang karena dilakukan di perusahaan atau industri yang nyata.

Artikel ini memuat tentang pengalaman pribadi saya mengenai terjun di dunia kerja dalam dua bulan dalam status siswa SMK yang melakukan tugasnya untuk melakukan PKL saat kelas 11 SMK. Dalam hal ini PKL tentunya memiliki aturan yang berbeda-beda di setiap sekolah, daerahnya dalam melaksanakan PKL.

Saya mendapatkan kesempatan itu saat saya kelas 11 SMK. Dimana baru saja hari pertama saya sebagai siswa kelas 11 pada tahun 2018 itu sudah diumumkan pihak sekolah untuk mencari tempat PKL namun belum diumumkan siapakah teman saya yang menjadi partner melaksanakan PKL.

Dalam hal ini saya menceritakan proses hingga dapat melakukan PKL yang pernah saya alami sendiri. Tentunya setiap orang memiliki cerita yang unik dan berbeda sama halnya seperti saya saat itu mencari tempat PKL bukanlah hal yang mudah karena sudah berkali kali mencari tak kunjung dapat karena aturan sekolah yang memang tidak bisa dilonggarkan dan sifatnya mencari sendiri.

Saya sudah berbulan bulan mencari pun tak kunjung menemukan karena rata rata perusahaan pastinya mencari mahasiswa terutama di bidang pertelevisian karena pada saat itu saya mengambil jurusan Multimedia. Hingga akhirnya terpaksa pun saya memboloskan diri sehari hanya untuk mencari tempat PKL, jika tidak dilakukan pun takkan pernah dapat PKL.

Pada hari hari sebelumnya sebenarnya sudah mendapatkan petunjuk bahwa berawal dari sebuah tempat printing yang bernama Snapy dan karena di dekat rumah ada Snapy tentunya saya tanyakan mengenai  "Apakah menerima anak PKL ?", " Bagaimana caranya bisa PKL di Snapy?".

Dan dengan ramahnya karyawannya menjawab cukup datang ke pihak pusatnya yang tak jauh dari rumah juga. Hingga mendapatkan petunjuk itulah hingga memutuskan untuk bolos satu hari untuk mendatangi tempat pusatnya untuk mengurus PKL dan pada awalnya saat mencari itu setelah mendapatkan 4 orang teman sekelas dan saya menjelaskan akan melaksanakan PKL dengan empat orang.

Saat itu ternyata tidak sulit dan langsung dapat namun ternyata pada saat itu kami di tempatkan di tempat yang berbeda yaitu Bintaro dan Bendungan Hilir. Awalnya bingung dan "Apakah bisa?". Namun tentunya tetap senang mendapatkan kabar ini dan tidak menyia-nyiakan memboloskan diri. Setelah mendapatkan kabar ini tentunya saya mengabari teman teman bahwa telah mendapatkan PKL.

Hingga akhirnya mengurus ke pihak sekolah untuk memenuhi persyaratan PKL bahwa ada satu persyaratan yang harus diikuti sesuai prosedur sekolah yang tentunya harus kita ikuti dan jika tidak tentunya tidak bisa melaksanakan PKL. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun