Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

Penulis lepas, memberikan perspektif atas apa yang sedang ramai dibicarakan.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Apa yang Harus Dilakukan Saat Pemadaman Listrik

28 Mei 2021   15:59 Diperbarui: 28 Mei 2021   16:11 84 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa yang Harus Dilakukan Saat Pemadaman Listrik
Mati lampu atau pemadaman listrik bisa bikin keki dan menimbulkan masalah keamanan, bagaimana menanggulanginya? (Boyan Chen/Pixabay)

Dari cuaca buruk hingga insiden, banyak daerah di Indonesia yang rentan terkena pemadaman listrik.

Pemadaman listrik di Indonesia banyak yang berkepanjangan, yang dapat membuat Anda dan keluarga berada dalam posisi genting.

Untuk memastikan rumah tangga Anda siap, pertimbangkan tip-tip ini dan rencanakan ke depan.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Listrik Mati

Bersiaplah untuk Pemadaman Sebelum Anda mengalami pemadaman listrik lainnya, pastikan Anda siap untuk menangani tantangan yang datang dengan lenyapnya aliran listrik:

  • Ya, tentu saja Anda memiliki senter. Tapi tahukah dimana letaknya? Bisakah Anda menemukannya dalam kegelapan? Apakah Anda memiliki baterai ekstra? Atau senter yang dapat diisi ulang (dan terisi penuh)?
  • Gelap bisa menakutkan bagi anak kecil. Persiapkan mereka dengan memainkan permainan "mematikan lampu" untuk menemukan senter.
  • Siapkan lilin dan korek api. Ingat, lilin itu romantis, tetapi memiliki potensi bahaya. Gunakan pegangan yang kokoh dan stabil untuk mereka, dan berhati-hatilah jika ada anak-anak atau hewan peliharaan di sekitar. Siapkan alat pemadam kebakaran di dekat Anda dan ketahui cara menggunakannya.

Persiapkan Kelengkapan Darurat Terlebih Dahulu

Kelengkapan Darurat saat pemadaman listrik darurat akan membantu menyediakan alat yang Anda butuhkan selama pemadaman listrik:

  • Sangat baik untuk menyimpan satu atau dua senter cadangan di tempat yang mudah dijangkau sehingga Anda selalu tahu di mana menemukannya.
  • Belilah radio yang dioperasikan dengan baterai, atau radio dengan sumber energi alternatif seperti panel surya, generator engkol tangan, atau keduanya.
  • Siapkan banyak baterai cadangan untuk semua perangkat yang dioperasikan dengan baterai yang akan Anda gunakan selama pemadaman listrik.
  • Kumpulkan air minum dalam kemasan dan makanan yang tidak mudah busuk dan siap makan untuk bertahan beberapa hari.
  • Untuk pemadaman ketika cuaca menimbulkan suhu dingin, pastikan Anda memiliki selimut, penghangat tangan, dan pakaian hangat.

Selidiki Mengapa Listrik Mati

Jika lampu mati dan tidak ada rencana pemadaman bergilir, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan apakah itu benar-benar pemadaman listrik atau ada masalah dengan pemutus Anda sendiri.

Ambil senter Anda dan periksa panel listrik utama Anda. Jika Anda melihat sekring turun hanya di rumah Anda, satu atau lebih sakelar mungkin perlu dimatikan.

Setelahnya, naikkan kembali sekring dan tunggu hingga daya pulih sebelum menyalakan kembali outlet listrik di dalam rumah.

Jika itu bukan sekring atau pemutus, periksa untuk melihat apakah listrik itu juga padam untuk tetangga Anda. Listrik bisa hilang di area yang sangat terlokalisasi.

Baca juga: "3 Pelajaran Terbaik Krisis Mati Lampu di Texas untuk Orang Indonesia" oleh Efrem Siregar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x