Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

-

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Amankah Vaksin AstraZeneca? Fakta Bagian Kedua

16 Maret 2021   14:19 Diperbarui: 19 Maret 2021   12:00 90 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Amankah Vaksin AstraZeneca? Fakta Bagian Kedua
Vaksin AstraZeneca ditunda penggunaannya di Indonesia (Credit: flickr via kompas.com)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan bahwa Indonesia resmi masuk daftar negara yang menangguhkan vaksin AstraZeneca pada Senin (15/3/2021).

Baca bagian pertama: Ada Apa dengan Vaksin AstraZeneca? Fakta Bagian Pertama

Tulisan ini akan memberikan informasi lebih lanjut terkait produk vaksin dari AstraZeneca. Setelah penulis menjelaskan fakta awal terkait AstraZeneca, baiknya kemudian menjelaskan fakta terkait penggunaan dan efek yang ditimbulkan dari vaksin produksi AstraZeneca yang kemudian ramai diperbincangkan.

1. Seberapa besar tingkat efikasi vaksin AstraZeneca? Siapa yang bisa divaksin dengan dosis dari AstraZeneca?

Vaksin AZD1222 melawan COVID-19 memiliki efikasi 63,09% melawan gejala infeksi SARS-CoV-2 berdasarkan lansiran Organisasi Kesehatan Dunia (akronim: WHO).

Pemberian dosis vaksin yang dianjurkan untuk agar vaksin lebih efektif adalah dua dosis yang diberikan secara intramuskular (masing-masing 0,5ml) dengan interval 8 sampai 12 minggu.

WHO telah merekomendasikan penggunaan vaksin AstraZeneca untuk orang yang berusia 18 tahun ke atas, termasuk orang yang berusia 65 tahun ke atas.

"Dengan mempertimbangkan totalitas dari bukti yang tersedia, WHO merekomendasikan vaksin untuk digunakan pada orang yang berusia 65 tahun ke atas," tulis WHO dalam rekomendasi sementara untuk vaksin AstraZeneca.

Lembaga Kesehatan Eropa (akronim: EMA) mengatakan sejauh ini belum ada penelitian yang cukup untuk menjelaskan seberapa baik vaksin akan bekerja untuk usia lanjut.

Hal ini masih bisa dimengerti selagi vaksin masih memberikan imunitas yang terukur pada kelompok usia ini dan berdasarkan penggunaan vaksin lainnya. 

Beberapa negara seperti Kanada mengantisipasi dengan hanya memberikan AstraZeneca untuk penerima dalam rentang usia 18-64 tahun.

2. Apakah vaksin AstraZeneca dapat melindungi penerima dari varian baru?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x