Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

-

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Pengganti WhatsApp! 7 Fakta Menarik Dari Telegram

15 Maret 2021   10:09 Diperbarui: 16 Maret 2021   10:00 766 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengganti WhatsApp! 7 Fakta Menarik Dari Telegram
Telegram sebagai pengganti WhatsApp dengan fitur anonymous chat dan keamanan komprehensif (Thomas Ulrich/Pixabay)

Banyak orang membicarakan Telegram sebagai pengganti WhatsApp. Telegram yang sekarang memiliki 500 juta pengguna bulanan dianggap dapat melindungi pertukaran pesan dari serangan hacker sekaligus memberikan fitur anonim jika diinginkan pengguna.

Berikut 7 fakta menarik bagi Anda yang sedang mempertimbangkan akan menggunakan Telegram dan bagi pengguna barunya.

1. Simbol Telegram yang gampang dikenali

Telegram didirikan oleh Pavel Durov yang juga berada di belakang jaringan sosial terbesar di Rusia, VKontakte (VK). Walaupun begitu, kantor pusat mereka berada di London, Inggris.

Telegram dapat digunakan dan diinstal seperti aplikasi perpesanan lainnya. Anda dapat mengunduhnya dari App Store Apple atau dari Play Store Google -- lewat kata kunci "Telegram" dan logo pesawat kertas berwarna putih dengan latar biru.

2. Mudah untuk menjadi pengguna Telegram

Berbeda dengan WhatsApp, Telegram tidak memerlukan penggunanya untuk memiliki SIM card agar dapat menggunakannya. Pengguna hanya cukup mendaftarkan diri lewat email dan melengkapi profil sebelum menggunakan fitur Telegram.

Dengan keamanan yang komprehensif, Telegram juga menawarkan anonymous chat dimana Anda bisa menyembunyikan atau membuat profil yang tidak berkaitan dengan profil kehidupan nyata Anda untuk bercakap - cakap dengan pengguna Telegram lain.

3. Sebagai pengganti WhatsApp, Telegram telah dioptimalisasi untuk segala gadget

Aplikasi ini dapat digunakan di smartphone, tablet, laptop, dan komputer desktop. Telegram tersedia untuk Android, iOS, Windows Phone, Windows NT, macOS dan Linux. Dengan kemudahan untuk bergabung dan penggunaannya, layanan Telegram tetap gratis dan bebas dari iklan.

Telegram juga telah melayani 58 bahasa yang dapat digunakan pengguna, termasuk Bahasa Indonesia.

4. Telegram memberikan perlindungan kontak yang tidak diberikan WhatsApp

Telegram mirip dengan WhatsApp dimana pengguna dapat mengubah profil dan bagaimana tampilan aplikasi yang dikehendaki. Dua aplikasi ini juga terintegrasi dengan kontak yang telah disimpan di alat komunikasi pengguna sehingga memudahkan akses.

Walaupun begitu, Telegram mensyaratkan penggunanya untuk saling meng-add kontak satu sama lain sebelum dapat bercakap-cakap. WhatsApp tidak memiliki fitur tersebut dan menyebabkan orang yang tidak dikenal bisa mengirimkan pesan ke Anda selagi mereka mengetahui nomor yang digunakan.

5. Telegram menawarkan perlindungan lebih dibandingkan WhatsApp

Telegram berbasis cloud dan mengklaim bahwa itu memprioritaskan keamanan dan kecepatan, menjadikannya alternatif yang baik untuk aplikasi perpesanan populer lainnya. Telegram mengklaim bahwa semua aktivitasnya termasuk obrolan, grup, dan media yang dibagikan, telah dienkripsi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x