Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

Penulis lepas, memberikan perspektif atas apa yang sedang ramai dibicarakan.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Monday Blues: Antisipasi Senin Yang Bikin Mager

8 Maret 2021   12:03 Diperbarui: 19 Maret 2021   11:39 112 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Monday Blues: Antisipasi Senin Yang Bikin Mager
Ilustrasi Pribadi (canva.com)

Senin pagi adalah hari yang sangat menegangkan bagi banyak orang. Ini adalah waktu ketika orang kembali bekerja atau sekolah setelah akhir pekan. Perasaan mager yang menghinggap di hari Senin sering disebut sebagai Monday Blues.

Monday blues banyak ditemukan ketika akhir pekan cukup panjang. Ambil contoh ketika hari Jumat anda sudah libur, bisa jadi Senin selanjutnya buat anda lebih stres daripada akhir pekan biasa. Kembali bekerja terjadi setelah liburan malah menimbulkan perasaan lelah dibandingkan jadwal rutin mingguan.

Belum lagi ketika pekerjaan atau sekolah tidak menyenangkan atau, lebih buruk lagi, dibenci, bangun untuk memulai hari bisa menjadi sangat sulit. Bahkan orang-orang yang menyukai pekerjaan atau sekolah mereka dapat malas memulai Senin hari kerja.

Jika Anda termasuk dalam kategori orang yang malas di hari Senin, Anda tidak sendirian.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari Monday Blues:

  1. Pergi bekerja lebih awal. Dapatkan secangkir kopi dan bacaan berisi dalam perjalanan dan tiba lebih cepat sehingga saya dapat membaca dengan tenang sambil menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja. Jika Anda tidak memiliki kantor, pergi ke restoran lokal atau kafe karyawan juga dapat memberikan kesempatan untuk menyesuaikan diri dengan pekerjaan secara diam-diam. Ini seperti pergi dari pinggir kolam yang landai dan pergi ke tengah daripada lompat menyelam dan dikejutkan oleh kedalaman.
  2. Setelah pekerjaan dimulai dan jika Anda mampu, fokuslah pada tugas-tugas yang mudah terlebih dahulu sambil secara bertahap mengerjakan tugas-tugas yang lebih sulit dan menantang.
  3. Beri diri Anda sesuatu untuk dinantikan di hari Senin. Menjadwalkan makan siang dengan rekan kerja adalah satu ide atau berjalan-jalan saat makan siang atau aktivitas menyenangkan lainnya.
  4. Jadwalkan hal-hal menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga setelah bekerja agar selalu ada yang dinantikan. Camkan dalam pikiran lebih banyak hal menyenangkan yang dapat membantu anda melewati hari Senin. Pujian dari orang lain juga dapat membantu.

Monday Blues Bisa Jadi Pertanda Lebih Besar

Anda telah mengikuti tips di atas atau melakukan hal lainnya untuk "membunuh" Monday Blues. Namun anda merasa kurang di hari Senin dan mempengaruhi mood anda beberapa hari ke depan.

Monday blues bisa jadi gejala dari masalah yang lebih besar.

Penting untuk membedakan antara perasaan sedih sementara, yang kita semua hubungkan dengan waktu Hari Senin, dan mengalami depresi atau masalah kesehatan mental yang bisa sangat melumpuhkan kehidupan kita sehari-hari.

Tahun ini, mungkin lebih dari tahun-tahun ke belakang, kesehatan mental tentu semakin vital. Pandemi virus Corona telah mengikis banyak hal yang biasanya melindungi kesehatan mental kita - dari keterhubungan sosial hingga keamanan finansial dan harapan untuk masa depan.

Sebagai titik awal, ada beberapa hal praktis dasar yang dapat kita lakukan untuk melindungi kesehatan mental kita.

  1. Kita bisa mencoba dan berbicara tentang perasaan kita kepada seseorang yang kita percayai.
  2. Mencoba mengikuti ritme dengan jadwal harian yang jelas dan konsumsi makanan yang sehat.
  3. Meminta bantuan medis/profesional jika masih merasa kesulitan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN