Mohon tunggu...
Willibrodus Nafie
Willibrodus Nafie Mohon Tunggu... Wiraswasta - Doa Terbaik Adalah Melakukan Kebaikan

Setia Melakukan Perkara Kecil

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Ada Utang Untung, Tetapi Jangan Jadi Hamba Uang

17 Oktober 2021   18:02 Diperbarui: 17 Oktober 2021   18:05 148 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Lebih baik pergi tidur tanpa makan malam, daripada bangun tidur dengan utang. Perkataan ini sering kali diucapkan orang-orang yang menggambarkan bahwa betapa mengerikan kalau hidup dengan terlilit utang. 

Hingga saat ini stigma negatif atas kegiatan pinjaman sesuatu biasanya uang namun belum bisa membayarnya atau mengembalikannya itu tetap masih terus membayangi eksistensi kehidupan umat manusia. Bahkan ada yang sulit terbebas dari 'penjara utang'.

Bila ditelaah lebih jauh utang ibarat 'hitam dan putih' walau banyak orang berprasangka buruk namun, masih ada yang berprasangka baik dan terus melakukan praktik utang.  

Dalam arti jika Anda tak bisa mencari jalan keluar atas masalah keuangan, maka pilihannya meminjam utau mencari utang.

Untuk itu perlu dicatat bahwa ada utang baik, jika hal yang ditakutkan orang itu menjadi langkah awal untuk menunjang eksistensi Anda kedepan. Bisa juga disebut dengan utang profit atau utang untung.

Utang Untung

Kegiatan utang yang dianggap 'mengerikan' alias buntung itu ternyata bisa berbuah keuntungan, jika memulainya dengan dasar benar untuk tujuan yang tepat. Kredit handphone misalnya. 

Bila sekadar gaya hidup, bakal menimbulkan petaka karena menambah beban hidup. Tetapi bila digunakan untuk kerja, dampaknya menguntungkan karena menambah pundi-pundi rejeki.  

Contoh lainnya, kredit rumah. Keuntungan yang Anda dapat beragam, dari investasi jangka panjang hingga bisa diwariskan. Tetapi perlu dicatat, jangan gegabah harus disesuaikan dengan penghasilan setiap bulan agar tak memberatkan.

Utang Buntung

Sebagian orang mungkin tak menyadari telah mengeluarkan uangnya jauh lebih banyak daripada yang bisa ia dapatkan. Ibarat besar pasak daripada tiang. 

Di antaranya, seperti liburan berlebihan, hobi makan di restoran mahal, memakai item fesyen terkini yang harganya mahal, terus update alat elektronik, perhiasan , dan mobil.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan