Mohon tunggu...
Willem Hans Wakim
Willem Hans Wakim Mohon Tunggu...

nguli

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Berikan yang Terbaik dari Anda

7 April 2011   04:41 Diperbarui: 26 Juni 2015   07:03 186 0 0 Mohon Tunggu...

Semua orang telah diberikan talenta dari Tuhan untuk melakukan bagian pekerjaannya yang terbaik di dunia ini. Apa pun yang kita sedang lakoni saat ini, itu adalah anugerah Tuhan yang terbesar bagi kita. Anda petugas kebersihan di jalan, Anda seorang buruh bangunan, Anda supir angkutan umum, Anda pegawai biasa di sebuah kantor, Anda seorang manajer, Anda seorang direktur sebuah perusahaan, itu adalah anugerah Tuhan bagi Anda.

Kebanyakan orang memandang profesi petugas kebersihan, buruh bangunan, supir angkot, dan beberapa profesi lainnya yang sejenis dengan itu sebagai kemalangan, ketidakberuntungan. Profesi-profesi semacam itu dianggap rendah dan jarang mendapat penghargaan dari orang banyak. Padahal, sekali lagi, tidak ada profesi yang mulia, kurang mulia, dan tidak mulia. Semua profesi atau pekerjaan yang Anda tekuni adalah mulia adanya (tentulah perampok, koruptor, pencuri, penodong, dan preman adalah lakon yang tidak mulia).

Profesi yang Anda tekuni adalah berkat bagi Anda dan orang-orang yang menaruh harap dan menggantungkan hidupnya pada Anda. Bayangkan, apa jadinya kota Jakarta bila tak ada para petugas kebersihan kota. Tidak ada tukang sapu dan pengangkut sampah yang mengurus kebersihan kota ini secara langsung. Dapat dipastikan, kota ini menjadi kota yang jorok, bau, dan menjadi sumber penyakit bagi para penduduknya. Atau katakanlah tak ada para supir angkutan umum di kota ini. Pasti, semua aktivitas di kota ini akan sangat terganggu. Arus orang, barang, dan jasa akan sangat terganggu dan terhambat, bahkan mungkin bisa mati. Akibatnya, roda ekonomi menjadi terganggu dan bisa terhenti. Ujung-ujungnya, terjadi kekacauan ekonomi, sosial, dan seterusnya.

Bila Anda melihat dan memandang pekerjaan yang saat ini Anda sedang lakoni tersebut sebagai anugerah, berkat, Anda akan bersyukur dan Anda akan memberikan yang terbaik dari kemampuan yang Anda punyai. Sebagai seorang petugas kebersihan, Anda dengan penuh rasa tanggung jawab dan dengan penuh sukacita melakukan pekerjaan Anda. Daripada melihat pekerjaan Anda sebagai pekerjaan rendahan seperti yang sering kali dipandang orang kebanyakan, pikirkanlah bahwa begitu banyak orang yang bergantung pada Anda demi terciptanya lingkungan yang bersih, sehat, dan asri secara langsung. Sebagai seorang pegawai biasa di sebuah kantor, Anda akan mengerjakan bagian pekerjaan Anda dengan semangat dan tanggung jawab, menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktunya. Anda adalah salah satu penentu dalam jejaring orang, barang, jasa, dan pekerjaan di tempat Anda. Sebagai seorang manajer atau kepala, Anda tidak melihat besarnya tugas yang Anda pikul, tetapi melihatnya sebagai tantangan dan kesempatan untuk Anda melakukan karya yang lebih besar lagi.

Di balik apa yang Anda kerjakan, ada sejuta asa dan cinta. Asa dan cinta dari para anggota keluarga Anda. Mereka menggantungkan harapan dan hidup mereka kepada Anda. Mereka bangga kepada Anda karena Anda adalah orang yang penuh tanggung jawab dan mau bekerja demi memberikan kehidupan bagi mereka. Harapan dari orang-orang yang Anda layani dan atau bawahi. Harapan dan doa dari masyarakat bangsa secara keseluruhan demi keberlangsungan hidup dan suatu hidup yang lebih baik.

Kalau Anda, saya, kita semua, memberikan yang terbaik dari kita ketika melakukan tugas dan tanggung jawab kita, niscaya yang tercipta adalah kehidupan, masyarakat, bangsa yang terbaik pula. Dan patut pula untuk kita ingat, yang terbaik dari kita yang kita berikan, bahkan segala kebaikan yang kita perbuat, tidak akan pernah sia-sia. Pasti menjadi berkat bagi kita dan orang lain.

Berikan yang terbaik dari Anda!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x