Mohon tunggu...
Wildan Kekes Ananditho
Wildan Kekes Ananditho Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030127

Whatever it takes

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Inilah 5 Negara Fiksi yang Ada di MCU

13 Juni 2021   19:35 Diperbarui: 13 Juni 2021   19:37 489 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah 5 Negara Fiksi yang Ada di MCU
sumber gambar : voi.id

Didalam marvel universe baik itu di dalam komik maupun didalam film nya latar tempat adalah hal yang sangat penting dan sangat diperhatikan. Bahkan latar tempat adalah salah satu aspek terpenting setelah karakter itu sendiri. Oleh karena itu didalam film di MCU biasanya nama tempat akan di tampilkan sangat besar di awal scene atau setelah pergantian latar tempat. Hal ini juga berlaku didalam komik sebagian besar latar tempat di tuliskan di komik tersebut agar para pembaca dapat ikut hanyut kedalam cerita. 

Di Marvel sendiri terdapat tempat yang memang menggambil dari dunia nyata, bahkan New York city bisa dibilang tempat yang paling sering muncul dan dijadikan sebagai tempat beraksi para superhero seperti Spider-man, Daredevil, Moon Knight, Dr. Strange, dan masih banyak lagi. 

Selain itu kota New York juga dijadikan markas bagi beberapa organisasi besar di Marvel seperti The Avengers di Avangers Tower, Fantastic Four di Baxter Building dan lain sebagainya. Walaupun menggambil latar tempat seperti dunia nyata, tidak semua latar tempat di Marvel adalah nyata. Apalagi di Marvel universe terdapat makhluk makhluk kosmik dan alien yang ada didalam ceritanya.

Makhluk- Makhluk luar angkasa ini tentunya asal muasal nya tidak dari tempat yang nyata alias fiksi. Seperti ras alien Kree yang berasal dari planet Hala atau ras alien Shi'ar yang berasal dari planet Chandilar. Adapula makhluk kosmik seperti the Living Tribunal atau Eternity yang berada tempat yang abstark dan di luar dari dimensi yang ada. 

Tempat tempat fiksi ini dibuat agar penulis komik dapat dengan leluasa dalam menulis ceritanya karena tidak terikat dengan dunia nyata. Walaupun begitu latar tempat yang fiksi tidak selalu memudahkan penulis komik karena harus ada keberlanjutan dan kesinambungan agar tempat fiksi tersebut tidak terasa "benar-benar" fiksi sehingga para pembaca dapat mempercayai bahwa karakter favorit mereka memang hidup di situ.

Selain tempat fiksi yang berlokasi di luar bumi, di marvel juga terdapat tempat-tempat fiksi yang terdapat di Bumi itu sendiri. Tempat tempat tersebut bisa berupa bangunan fiksi seperti Xavier Institute for Higher Learning maupun sebuah negara seperti Wakanda. Di dalam dunia marvel banyak sekali negara fiksi, berikut beberapa negara fiksi di marvel baik itu yang sudah muncul di MCU maupun yang belum muncul di MCU

1. Wakanda

Mungkin negara fiksi paling penting dalam komik dan MCU adalah Wakanda. Bangsa Afrika ini ada secara rahasia selama berabad-abad sebelum muncul di panggung dunia di zaman modern. Rumah dari Raja T'Challa, Black Panther, Wakanda terkenal dengan kemajuan teknologi dan kontribusinya terhadap sains.

Wakanda terletak di timur laut benua Afrika sekitar daerah Ethiopia dan sekitarnya. Negara ini memiliki kemajuan teknologi dikarenakan meteor yang jatuh di Wakanda sekitar 10.000 tahun lalu. Meteor tersebut mengandung logam yang dapat menyerap bunyi yang dinamakan Vibranium. Logam inilah yang dimanfaatkan oleh negara Wakanda  sehingga mereka bisa memiliki teknologi yang sangat maju.

2. Mardipoor

Mardipoor adalah lokasi yang sangat berpengaruh di cerita komik Marvel. Negara ini adalah pusat utama kejahatan internasional dan pada satu titik dalam sejarahnya adalah surga bagi bajak laut. X-Men telah terlibat di sana pada berbagai waktu selama bertahun-tahun, terutama Wolverine. Madripoor adalah lokasi pertemuan pertama antara Wolverine dan Captain America, yang terjadi selama Perang Dunia II.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN