Mohon tunggu...
Muhammad Wijdan
Muhammad Wijdan Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Insya Allah Lulus

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mencintai Al-Qur'an dan Manfaat Al-Qur'an

9 Juli 2020   15:35 Diperbarui: 28 Mei 2021   18:36 7051 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mencintai Al-Qur'an dan Manfaat Al-Qur'an
Belajar Mencintai Al-Qur'an dan Manfaat Al-Qur'an (unsplash/anis coquelet)

Al-Qur'an adalah sebuah kitab suci utama dalam agama Islam, yang umat Muslim percaya bahwa kitab ini diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad. Kitab ini terbagi ke dalam beberapa surah dan setiap surahnya terbagi ke dalam beberapa ayat.

Al-Qur'an difirmankan langsung oleh Allah kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril, berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari atau rata-rata selama 23 tahun, dimulai sejak tanggal 17 Ramadan, saat Nabi Muhammad berumur 40 tahun hingga wafat pada tahun 632. 

Umat Muslim menghormati Al-Qur'an sebagai sebuah mukjizat terbesar Nabi Muhammad, sebagai salah satu tanda dari kenabian, dan merupakan puncak dari seluruh pesan suci (wahyu) yang diturunkan oleh Allah sejak Nabi Adam dan diakhiri dengan Nabi Muhammad. Kata "Quran" disebutkan sebanyak 70 kali di dalam Al-Qur'an itu sendiri.

Sebagai seorang muslim mencintai AlQur'an adalah suatu kewajiban. Perintah mencintai Al-Qur'an banyak kita jumpai, baik dalam Al-Qur'an maupun dalam hadits. 

Berikut dalil yang memerintahkan kita untuk mencintai Al-Qur'an."Katakanlah (Muhammad). "Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku niscaya Allah mencintaimu dan menghapus dosa-dosamu. " Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang (Q.S Al Imron/3:31).

Baca juga : Kembali ke Titik Akhir: Dampak Manusia Berbuat di Luar Perintah Al Quran

Ayat tersebut menyebutkan bahwa seorang yang mencintai Allah, haruslah mengkuti nabi Muhammas SAW.Orang yang mencintai Allah, berarti dia mencintai Al-Qur'an sebagai kalam-Nya. 

Diapun harus mengikuti ajaran Nabi Muhammad saw sebagai penerima wahyu Al-Qur'an. Mengkuti nabi Muhamumad saw berarti menerima dan mencintai hadits sebugai ajaran-ajaran beliau, Rosululbh saw pernah berpesan kepada umatnya agar senantiasa berpegang pada AlQur'an dan hadts Dengan berpegang kepada keduanya umat islam tidak akan tersesat baik di dunia maupun dalam akhirat. 

Rasulullah SAW bersabda;"Aku tinggalkan kepadamu dua perkara.Kamu tidak akan tersesat selama kamu berpegang kepada keduanya,Yaitu kitab Allah(Al-Qur'an) dan Sunnah Nabi-nya(Hadits).(H.R. Malik dari Umar bin Khattab No.1935).

Lantas Bagaimana Cara Kita mencintai Al-Qur'an dan mengapa Kita harus mencintai Al-Qur'an Yang dimana banyak mengandung Nilai-nilai universal Di dalamnya,menurut Ketua Lembaga Wisata Qur'an Nusantara,Muslimah Thamrin,Beliau megatakan;"Ada lima cara mencintai Al-Qur'an,Yakni membaca,memahami,mentadaburi,meghafalkan,Dan mengamalkan".

Lalu alasan Kita harus mencintai Al-Qur'an karena didalamnya banyak sekali keutamaan-keutamaan Dan hikmah-hikmah Dari Al-Qur'an tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN