Mohon tunggu...
Wijayanti Nurmalika
Wijayanti Nurmalika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Optimalisasi Strategi Digital Marketing dan Inovasi Produk sebagai Upaya Peningkatan Omset UMKM

18 Agustus 2021   11:57 Diperbarui: 18 Agustus 2021   14:32 133 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Gambaran Singkat Potensi Desa 

Banyuwangi merupakan suatu kabupaten yang berada di ujung pulau Jawa dan memiliki luas wilayah terbesar di Jawa Timur yaitu seluas 5.782,40 km2. Kabupaten Banyuwangi mencangkup 25 kecamatan, 28 kelurahan, dan 189 desa didalamnya. Salah satu desa yang ada di Kabupaten Banyuwangi adalah Desa Sempu. 

Desa Sempu merupakan desa yang terletak di Kecamatan Sempu dan memiliki luas wilayah administratif sebesar 489 Ha yang meliputi Dusun Krajan dan Dusun Tugung. Untuk mata pencaharian penduduknya sendiri kebanyakan berasal dari sektor pertanian dan kemudian disusul oleh sektor perdagangan. 

Desa Sempu juga memiliki letak yang cukup strategis terutama dalam usaha perdagangan yang mana hal ini dipengaruhi oleh dekatnya akses transportasi umum yaitu stasiun kereta api. Adanya kemudahan akses transportasi umum tersebut dapat menjadi peluang yang baik bagi usaha perdangangan.

Identifikasi permasalahan 

Sistem usaha yang masih konvensional serta pangsa pasar yang memiliki lingkup kecil mengakibatkan usaha susu kedelai kurang dikenal dan dilirik masyarakat. 

Selain itu, kurangnya inovasi produk juga mengakibatkan menurunnya minat masyarakat. Permasalahan-permasalahan ini juga diperparah akibat adanya pandemi Covid-19 yang mengakibatkan penurunan omset usaha sampai dengan 30%. 

Menurunnya omset ini dilatarbelakangi oleh penurunan kondisi ekonomi masyarakat yang mana masyarakat lebih memilih untuk membeli makanan pokok dibandingkan dengan membeli produk ini. 

Selain itu, Pemasaran produk yang hanya dilakukan melalui pedagang sayur keliling juga salah satu aspek yang mendorong penurunan dimana para pembeli lebih memilih berbelanja di pasar konvensional yang memiliki harga jual lebih rendah dibandingkan berbelanja pada pedagang sayur keliling sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi penjualan produk susu kedelai. 

Dengan mencermati permasalahan tersebut maka saya tertarik membantu pelaku usaha melalui pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan