[caption id="attachment_179096" align="aligncenter" width="448" caption="Wow! Mahasiswi UNJ Ternyata Cantik-cantik Loh!"][/caption] Senang rasanya bisa berbagi ilmu menulis kepada teman-teman guru dan mahasiswa di acara Planeducation Forum Ide Kita FIP UNJ. Saya diminta memberikan materi "Menulis, Akses Eksistensi Diri" pada Sabtu, 26 Mei 2012 di Aula Daksinapati Fakultas Ilmu Pendidikan Kampus A Rawamangun Jakarta Timur. [caption id="attachment_5479" align="aligncenter" width="395" caption="Saya belum menjadi Doktor Pendidikan, tapi sertifikatnya sudah dituliskan gelar Doktor. Alhamdulillah, ini berarti doa buat saya untuk menjadi Doktor Pendidikan. Terima kasih kepada Forum Ide Kita FIP UNJ yang sudah mengundang saya."][/caption]
Di tempat itu, kami berbagi ilmu kepenulisan dan belajar menulis kreatif sesuai dengan gaya menulis kami masing-masing. Ada sekitar 30 orang guru dan mahasiswa hadir dalam acara ini. Mereka ingin belajar menulis, dan mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru dalam acara Planeducation 2012.
[caption id="attachment_5480" align="aligncenter" width="448" caption="Ketua Panitia Planeducation Memberikan Sambutan"]Ketua Forum Ide Kita FIP UNJ, Duwi Nuryani memberikan sambutan di acara Planeducation 2012 Acara dimulai dengan sambutan hangat dari Ketua Panitia Planeducation, dan Ketua Forum Ide Kita, Duwi Nuryani. Mahasiswi berprestasi dari FIP ini menyampaikan kepada peserta bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun dan telah menjadi program kerja dari organisasi kemahasiswaan FIP UNJ. [/caption]
Ketua Panitia, Wulandari juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada saya selaku nara sumber, dan para peserta yang sudah hadir dalam acara planeducation 2012. Wulandari memohon maaf bila dalam pelaksaan kegiatannya ada beberapa kekurangan dari panita. Saya pun memahaminya, karena mereka masih berstatus mahasiswa.
Setelah diberikan kesempatan oleh moderator untuk memberikan materi, saya langsung bercerita pengalaman saya sebagai seorang guru kepada peserta yang hadir. Sayapun langsung berinteraksi dengan mereka dengan turun dari panggung utama. Dengan demikian suasana kegiatan semakin mencair, dan saya pun merasakan kemudahan saat memberikan materi.
[caption id="attachment_5493" align="aligncenter" width="448" caption="Omjay di Acara Planeducation 2012"][/caption]
Alhamdulillah, suasana semakin terasa hangat antara pembicara dengan peserta, terjadi interaksi imbal balik. Para peserta pun langsung aktif melakukan kegiatan yang saya minta untuk dikerjakan secara langsung, yaitu praktik menulis dengan secarik kertas yang dibagikan oleh panitia.
[caption id="attachment_5481" align="aligncenter" width="448" caption="Peserta Planeducation belajar Menulis ttg Who Am I di Secarik Kertas"][/caption]
Saya memulai praktik menulis dari sesuatu yang sangat sederhana dulu. Saya meminta Peserta Planeducation untuk belajar Menulis tentang Who Am I di Secarik Kertas. Saya minta mereka untuk menuliskan "siapa saya" di selembar kertas itu. Saya minta mereka menuliskan dengan gaya mereka sendiri.
[caption id="attachment_5482" align="aligncenter" width="448" caption="Peserta Planeducation belajar Menulis ttg Tokoh Idola yang Disukainya"][/caption]
Hasilnya sungguh luar biasa! Para peserta ternyata mampu menuliskan siapa dirinya dengan baik. Selain itu, Peserta Planeducation saya minta menuliskan tentang siapa Wijaya Kusumah, dan Tokoh Idola yang disukainya.