Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pendataan Praktik Baik Digitalisasi Kemdikbudristek, Buruan Bapak Ibu Guru Isi!

13 Februari 2024   09:59 Diperbarui: 13 Februari 2024   14:50 540
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pagi ini Omjay mendapatkan surat dari kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi yang ditandatangani bapak Winner Jihad Akbar, S.Si., M.Ak. Surat tersebut dibagikan ke berbagai WA Group PGRI yang Omjay kelola bersama kawan-kawan.

Kemdikbudristek memberikan surat permintaan data ke seluruh kepala dinas di Indonesia. Adapun tujuan pendataan ini untuk menghimpun praktik baik pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Data tersebut selanjutnya akan dijadikan bahan inspirasi dalam bentuk naskah praktik baik, cerita praktik baik, infografis, dan bahan lainnya yang dipublikasikan melalui media sosial maupun kanal Direktorat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Klik https://drive.google.com/file/d/1rk_avZsTxRKUYt8LWTISnhcowFcplWlV/view

Salah satu inspirasi bagi guru adalah mata pelajaran informatika yang masih tergolong baru di kurikulum merdeka. Mata pelajaran Informatika bertujuan untuk mengantarkan peserta didik menjadi "well-being and wise digital citizen" dan "computationally literate creators" yang menguasai konsep dan praktik Informatika. 

Salah satu materinya adalah literasi digital dengan kampanye dalam bentuk cabe. Apa itu CABE? Cabe adalah Cakap Digital, Aman Digital, Budaya digital, Etika digital. Sekarang ini sedang dikampanyekan terus oleh gerakan nasional literasi digital siberkreasi (GNLD). GNLD telah membuat modul 4 pilar literasi digital.

Anda dapat mengunduh keempat modulnya di https://gnld.siberkreasi.id/modul/

dokpri
dokpri

Literasi Digital yang disampaikan saat ini sudah diperkaya dengan konsep Teknologi Informasi dan Komunikasi, Sistem Komputasi, Jaringan Komputer dan Internet, serta Dampak Sosial Informatika terhadap individu maupun masyarakat sebagai sebuah kecakapan hidup di era digital. Juga dilengkapi dengan Analisis Data yaitu pengolahan data yang berfokus pada analisis data berbasis komputasi.

Contoh bukti karya bisa dilihat di https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/395854/preview

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun