Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Jangan Remehkan Kekuatan Kaki

26 September 2021   08:22 Diperbarui: 26 September 2021   08:23 86 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jangan Remehkan Kekuatan Kaki
Dok. Pribadi

Kekuatan Kaki.

Kekuatan Kaki jangan dianggap remeh. Dengan kedua kaki, kita bisa berjalan ke sana dan ke sini. Tanpa kaki, manusia sulit bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Itulah mengapa kaki kita harus banyak digunakan setiap harinya.

Pagi ini saya jalan-jalan pagi di sekitar hotel the Mirah Bogor. Saya berjalan kaki mengelilingi taman kencana yang berada di kota Bogor. Kata pak Rosiman teman saya, sudah dekat lokasinya dengan kebun raya Bogor.

Di taman kencana saya menghirup udara segar dan melonggarkan otot kaki yang sudah lama tidak dipakai berjalan jauh. Banyaknya pekerjaan membuat saya terlupa untuk berjalan kaki 5000 sampai 10000 langkah setiap harinya.

Mengapa kita harus banyak berjalan kaki? Supaya kita mempunyai kekuatan kaki. Kalau nanti kita diberi usia panjang, maka kaki akan menopang tubuh kita yang sudah menua dan melupa.

Jangan dianggap sepele kekuatan kaki. Bagi yang masih kuat berlari akan lebih baik lagi. Sebab berlari dapat cepat menghilangkan lemak dalam tubuh. Lihat saja tubuh para pelari kita. Tubuhnya langsing dan proporsional. Kalau berjalan cepat terasa nikmat.

Sewaktu saya kuliah singkat di China university of mining technologi (cumt), kami para mahasiswa diwajibkan berjalan kaki dari dormitory atau penginapan ke gedung kuliah. Jaraknya lumayan juga. Itulah sebabnya kami sehat semua. Sebab dibiasakan berjalan kaki lebih dari 5000 langkah.

Kembali ke Indonesia, saya suka lupa menerapkan pola hidup sehat ini. Naik turun mobil atau naik motor sudah menjadi tradisi. Kita tidak terbiasa berjalan kaki. Dua kaki kita jarang digunakan untuk berjalan kaki yang berjarak jauh. Kita menjadi mager alias malas bergerak.

Kalau di desa atau di kampung, orang orang di sana terbiasa berjalan kaki. Wajarlah kalau mereka berumur panjang dan masih terlihat segar dan bugar. Mereka terbiasa menggunakan kedua kakinya untuk pergi ke sawah dan kebun mereka. Udara pagi yang segar dan sejuk membuat mereka terbiasa berjalan kaki melihat hasil sawah dan kebunnya.

Ayo kita jaga kekuatan kaki. Biasakan kedua kaki digerakkan. Kalau ada tangga di hotel, jangan pilih pakai lift. Cobalah sekali kali pakai tangga darurat. Pasti akan anda rasakan sensasi yang tidak biasa.

Salam Blogger Persahabatan
Omjay
Guru Blogger Indonesia
Blog https://wijayalabs.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan