Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Jarimu Harimaumu

6 Juni 2021   09:35 Diperbarui: 6 Juni 2021   09:42 44 3 1 Mohon Tunggu...

Jarimu harimaumu. Hati hatilah dalam menyebarkan informasi di dunia Maya. Gunakan jarimu untuk berprestasi dan produktif menghasilkan sesuatu.

Ada pepatah mengatakan, mulutmu harimaumu. Tapi sekarang ini, pepatah itu berubah menjadi jarimu harimaumu. Banyak orang berkomunikasi lewat jarinya. Mereka menulis dari apa yang disukai dan kuasainya.

Berhati-hatilah dalam menulis. Jangan sampai pembaca sakit hati. Kita menulis sebisa mungkin menyenangkan hati pembaca. Kalaupun harus menulis cerita sedih, cerita itu sebagai motivasi diri agar lebih baik lagi.

Sekarang ini, dengan mudah orang saling berkomunikasi dan berbagi informasi. Banyak informasi kita terima setiap harinya. Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk. Sebisa mungkin kita menjadi orang yang produktif dari apa yang kita sukai dan kuasai.

Saya memilih menjadi blogger dan youtuber. Sekarang sedang belajar menjadi selebgram dan tiktoker. Saya mulai memanfaatkan media sosial sebagai jalan saya mengembangkan kreativitas dan imajinasi. Ujungnya nanti saya menjadi penulis beberapa buku yang dicari pembaca.

Alhamdulillah semalam acara peluncuran dan bedah buku berburu ilmu di negeri panda yang lucu berjalan lancar. Lebih dari 100 orang mengikuti acaranya di zoom dan YouTube. Bagi anda yang belum sempat menontonnya, dapat melihat siaran ulangnya di link di bawah ini.

Setelah anda menonton, jangan lupa mohon like dan komentarnya. Lalu subscribe agar anda dapat mengikuti video berikutnya. Biasanya kami mengadakan acara di zoom setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan tajuk belajar bicara atau publik speaking for teacher di PGRI.

Alhamdulillah peserta belajar bicara dan belajar menulis semakin banyak pesertanya. Semuanya kami buka secara gratis di asosiasi profesi dan keahlian sejenis yang disingkat APKS.

Sudah ratusan guru menerbitkan bukunya. Ada yang diterbitkan di penerbit mayor atau besar seperti penerbit Andi Yogyakarta. Ada juga yang diterbitkan di penerbit indie seperti penerbit yayasan pusaka Thamrin dahlan yg disingkat YPTD. Buku diterbitkan gratis. Sekarang bayar seikhlasnya agar semakin banyak penulis mendapatkan mahkotanya.

Ayo kawan kawan gunakan jarimu untuk belajar menulis dan belajar bicara. Saya memulainya dengan cara meng-install aplikasi blogger dan wordpress di play'store HP saya. Sehingga saya tak perlu membuka laptop untuk menulis. Cukup dengan menggunakan ponsel pintar saya.

Cara membuat blog itu mudah sekali. Kita bisa mencarinya di Google dan YouTube. Banyak orang baik yang akan membantu kita dengan berbagai tutorialnya. Anda hanya perlu duduk sebentar dan belajar secara otodidak. Hal itulah yang saya lakukan sehingga bisa berbagi ilmu kepada kawan kawan guru dari seluruh Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x