Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Gunakan Teknologi yang Ada dalam Pembelajaran Modern

16 April 2020   23:51 Diperbarui: 16 April 2020   23:54 130 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gunakan Teknologi yang Ada dalam Pembelajaran Modern
Solidaritas PGRI/dok.intsagram pgrijateng

PEMBELAJARAN JARAK JAUH YANG MODERN

Oleh: Wijaya Kusumah (Omjay)

 

Rabu, 15 April 2020 saya mendapat tugas menjadi pengawas ujian sekolah (US) kelas 9 SMP Labschool Jakarta. Kegiatan dilaksanakan dari rumah masing-masing lewat aplikasi zoom. Setiap ruangan virtual zoom, dipimpin oleh wali kelas dan proktor serta pengawas setiap kelas. Kegiatan ini merupakan kegiatan bersejarah bagi saya, sebab baru pertama kalinya melaksanakan ujian online dengan pengawasan dari rumah. Siswapun mengerjakan soal ujiannya dari rumah masing-masing.

Biasanya kita melaksanakan ujian sekolah di ruang kelas pakai kertas. Soal-soal yang sudah di fotocopy  staf tata usaha (TU) dibagikan kepada siswa di kelas dan siswa mengerjakannya langsung di ruangan kelas dengan Lembar Jawaban Komputer (LJK). Kemudian petugas TU memeriksa jawaban siswa melalui mesin scanner LJK.

Kalau dihitung biaya operasional pelaksanaan ujian sekolah dengan cara konvensional cukup besar. Di sana ada biaya fotocopy soal, biaya konsumsi panitia dan pengawas, dan biaya lain yang cukup besar seperti transportasi dan orang tua harus memberikan uang jajan siswa di sekolah.

Berbeda halnya bila kita melaksanakan kegiatannya pakai online di mana sekolah menyiapkan komputer server yang mampu menyimpan soal-soal dan hasil kerja siswa. Guru dapat memasukkan materi ajarnya di internet, sekaligus dapat melakukan penilaian secara langsung tanpa harus ribet memeriksaa jawaban siswa.

Pakai elearning melalui moodle adalah cara kami membangun ekosistem elearning di sekolah. Semua soal soal sudah disimpan di server sekolah dan semua guru mata pelajaran mengirimkannya lewat internet. Sehingga siswa bisa mengakses pembelajaran dan mengerjakan soal dari rumah masing-masing melalui link ini.

Sementara itu aplikasi zoom digunakan untuk melihat siswa bekerja mengerjakan soal-soal ujian sekolah. Sehingga panitia US dapat melihat langsung siswa bekerja dan menegur siswa bila tidak sesuai aturan yang disampaikan. Pakai aplikasi zoom adalah cara kami untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa selama ada wabah virus corona di dunia.

Panitia memberi instruksi dari rumah dan siswa mengerjakan soal dari rumah pula. Kita semua bekerja dari rumah. Work From Home (WFH). Mereka tak bertatap muka langsung seperti biasa di kelas. Guru dan siswa sama-sama bertemu lewat aplikasi zoom. Pembelajaran jarak jauh yang modern sudah disiapkan dengan membangun elearning sekolah.

Apa keuntungan pembelajaran jarak jauh? Siswa dan guru tidak perlu datang ke sekolah. Mereka bisa tetap bekerja dari rumah masing-masing. Biaya operasional dapat ditekan. Biaya yang awalnya untuk fotocopy soal-soal dapat dialihkan untuk membeli komputer server. Anda dapat membaca konsep dan aplikasinya melalui website elearning untuk rakyat yang telah digagas oleh pakar Elearning Indonesia, bapak Onno W Purbo. Bila anda ingin bertanya seputar elearning dapat mengirimkan pertanyaan ke email ke onno@indo.net.id.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN