Mohon tunggu...
Wihelmus Mekeng
Wihelmus Mekeng Mohon Tunggu...

Web Development & UI/UX Designer

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Apa Itu Startup? dan Bagaimana Bisnis Ini Berkembang?

1 Mei 2019   16:00 Diperbarui: 1 Mei 2019   16:25 0 0 0 Mohon Tunggu...

Apa itu Startup?
Pengertian Startup adalah perusahaan yang berada pada tahap pertama operasinya. Perusahaan-perusahaan ini pada awalnya sering dibiayai oleh pendiri wirausaha mereka ketika mereka berusaha untuk memanfaatkan pengembangan produk atau layanan yang mereka percaya ada permintaan.

Secara spesifik pengertiannya supaya dipahami untuk orang awam istilah Starup itu sendiri adalah perusahaan rintisan, dimana perusahan ini baru memulai usahanya.

Karena pendapatan yang terbatas atau biaya yang tinggi, membuat sebagian besar usaha skala kecil ini tidak berkelanjutan dalam jangka panjang tanpa pendanaan tambahan (tambahan modal) dari pemodal ventura.

Memahami Startup Lebih Mendalam

Pada akhir 1990-an, jenis perusahaan startup yang paling umum adalah dotcom. Modal ventura sangat mudah diperoleh pada waktu itu karena kegilaan di kalangan investor untuk berspekulasi tinggi tentang munculnya jenis bisnis baru ini.

Sayangnya, sebagian besar startup internet ini akhirnya bangkrut karena pengawasan besar dalam rencana bisnis yang mendasarinya, seperti kurangnya pendapatan yang berkelanjutan. Namun, ada beberapa startup Internet yang bertahan ketika gelembung dotcom meledak. Penjual buku internet Amazon.com dan portal lelang internet eBay adalah contoh perusahaan semacam itu. Nama-nama rumah tangga lain yang datang kemudian adalah Facebook, Airbnb, Uber, SpaceX, dan Ant Financial.

Perusahaan rintisan ini perlu menginvestasikan waktu, pikiran dan uang untuk penelitian. Riset pasar membantu menentukan permintaan akan suatu produk atau layanan. Startup membutuhkan rencana bisnis yang komprehensif yang menguraikan pernyataan misi, visi masa depan, dan tujuan serta strategi manajemen dan pemasaran yang baik.

Pertimbangan Khusus Lokasi Untuk Target Pasar Yang Baik

Startup harus memutuskan apakah bisnis mereka dilakukan secara online, di kantor / di rumah, ini tergantung pada produk atau layanan yang ditawarkan. Sebagai contoh, sebuah startup teknologi yang menjual pakaian untuk pria dan wanita otomatis mereka mungkin memerlukan gudang dikantor untuk menyimpan stock pakaian dan untuk memasarkan atau menjualnya harus secara online.

Struktur Hukum Yang Jelas

Perusahaan rintisan (Starup) ini perlu mempertimbangkan struktur hukum apa yang paling cocok dengan entitas mereka. Kepemilikan tunggal cocok untuk seorang pendiri yang juga merupakan karyawan kunci dari suatu bisnis. Kemitraan adalah struktur hukum yang layak untuk bisnis yang terdiri dari beberapa orang yang memiliki kepemilikan bersama; mereka biasanya mudah dibangun. Tanggung jawab pribadi dapat dikurangi dengan mendaftarkan startup sebagai perusahaan dengan tanggung jawab terbatas.

Pendanaan Modal

Startup sering mengumpulkan dana menggunakan pemodal ventura. Ini adalah sekelompok investor profesional yang berspesialisasi dalam mendanai startup. Dalam hal ini pendaan tersebut berfungsi agar starup tersebut bisa berkelanjutan. Dari pendanaan itu banyak yang digunakan mulai dari membiayai karyawannya sampai membiayai semua kebutuhan operasional usahanya.