Mohon tunggu...
Widya Silaban
Widya Silaban Mohon Tunggu... Mahasiswa

Haloo!! Salam kenal buat semua yang baca. Semoga suka dan bermanfaat. Salam dari Widy mahasiswa yang sedang berjuang di jurusan Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Kode Etik Jurnalistik yang Dilanggar Media Profesional dalam Media Online

25 Oktober 2020   02:35 Diperbarui: 25 Oktober 2020   15:06 81 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kode Etik Jurnalistik yang Dilanggar Media Profesional dalam Media Online
starngage.com

Kalian semua pastinya pernah membaca berita kan. Kalian lebih tertarik membaca lewat media konvensional atau media online? Kebanyakan pastinya lebih tertarik sama media online kan? Apalagi dengan gadget yang kalian punya, memudahkan kalian untuk mengakses informasi kapan saja dan di mana saja.

Perkembangan zaman terus membawa masyarakat kepada perubahan-perubahan yang lebih maju. Perkembangan ini meliputi perkembangan teknologi komunikasi dan infromasi. Internet merupakan salah satu kemajuan teknologi yang berdampak besar bagi kehidupan masyarakat.

Dengan internet masyarakat dapat dengan mudah dalam menyampaikan pesan maupun mencari informasi. Internet yang tak kenal ruang dan waktu memudahkan masyarakat untuk mengakses apa saja yang dibutuhkan di seluruh dunia.

Perkembangan teknologi ini, dapat digunakan dalam hal yang positif mau pun negatif. Untuk itu, setiap orang perlu untuk berhatihati dan cerdas dalam penggunaannya.

Hal ini pula yang dirasakan oleh para media. Kehadiran internet dapat mempermudah mereka dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Banyak media yang berusaha untuk mengembangkan diri dengan beralih pada media online. Media berusaha untuk mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi yang dibutuhkan melalui media sosial yang sudah tersedia di dalam gadget.

Hal ini tentunya menuntut seorang jurnalis untuk mampu dalam menyediakan setiap informasi sesuai kebutuhan konsumen. Seorang jurnalis harus mampu untuk melaksanakan tugasnya secara multitasking dalam berbagai media. Dengan ini dapat dikatakan bahwa seorang jurnalis harus mampu untuk bekerja secara efektif dalam banyak medium.

Hal ini bukanlah sesuatu yang tak jarang terjadi di Indonesia, yang di mana banyak pemilik media yang semakin mengerucut dan membentuk media yang memiliki variasi platform. Hal ini merupakan kesempatan besar untuk media massa dalam melakukan konvergensi.

Keterampilan ini tentunya wajib dimiliki seorang jurnalis agar mampu bersaing dengan media lain. Hal ini juga tidaklah mudah bagi seorang jurnalis karena ia harus mampu membuat berita sekaligus untuk banyak media.

Banyaknya masyarakat yang menggunakan internet juga menjadi hal yang utama bagi media untuk menyampaikan informasi mereka lewat media online. Masyarakat di era sekarang sudah beralih pada media online sehingga cukup jarang menggunakan media konvensional dalam mencari berita. Kebutuhan masyarkat akan informasi yang cepat dimanfaatkan oleh media untuk mampu memproduksi berita yang cepat di media online.

Jurnalisme online ini juga memungkinan para media berinteraksi dengan masyarakat yang membaca berita tersebut. Untuk itu, jurnalis akan paham apa saja yang diinginkan oleh audiensnya sehingga mampu menarik perhatian mereka untuk membaca berita di media mereka.

Kemampuan ini juga tentunya harus didukung dengan informasi yang relevan. Minat dari penonton harus dipertimbangkan dalam mengelolah suatu informasi agar dapat menarik perhatian masyarakat. Selain itu, seorang jurnalis juga wajib untuk memperhatikan etike jurnalisme yang sudah ada sehingga dapat meghasilkan informasi yang aktual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x